Cara Merawat Hardisk Secara Fisik

8/15/2016
Cara Merawat Hardisk Secara Fisik

Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia.


Artikel lainnya:
Membedakan web statis dan Dinamis bagi yang belum paham
Susunan Kabel LAN Stright Dan Cross

Secara umum hardisk sangatlah penting untuk sebagai media penyimpanan (data-data penting). Banyangkan jika saja hardisk yg kita gunakan rusak dan data-data yg berada didalamnya hilang nyeesek banget pasti, nah untuk itu kali ini rulnovekom mau berbagi tips nya, cukup sederhana sebenernya untuk merawat hardisk agar tetap sehat, yaitu sebagai berikut:


Tips Merawat Hardisk Secara Fisik :

  1. Biasakan shotdown, maksud gw matikan PC/laptop secara prosedur, yaitu menjalankan shotdown atau Trun Off. Hindari mematikan PC/laptop secara langsung hal ini akan membuat hardisk rusak/jebol.
  2. Periksa arus listrik, pastikan listrik dirumah atau kantor berada dalam keadaan stabil, jika listrik tidak stabil ‘naik-turun’ dan sering ‘mati-nyambung’ secara otomatis membuat PC/laptop mati secara tiba-tiba, kecuali mungkin untuk laptop jika batarei tidak memadai lebih baik segera shotdown. 
  3. Hindari guncangan dan benturan pada hardisk PC/laptop yg mengakibatkan head membentur platter yg tidak semestinya dan merusak hardisk.
  4. Jangan mengkoneksikan kabel hardisk saatPC sedang aktif agar tidak terjadi konsleting pada hardisk.
  5. Kondisikan suhu PC termasuk hardisk dalam batasan yang wajar, meskipun sepele, panas yg berlebihan bisa saja membakar hardisk.
Mungkin segitu yangg bisa saya bagikan seputar perawatan hardisk PC/laptop, postingan selanjutnya sa akan membagikan Cara Merawat Hardisk Secara Digital.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar