30 Agt 2016

Mengenal IP Address Dan Pengertian IPv4

Mengenal IP Address Dan Pengertian IPv4

IP Address atau Internet Protokol Address adalah deretan angka biner atara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk setiap komputer host dalam jaringan internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4) dan 128-bit (untuk IPv6) yang menunjukan alamat dari komputer tersebut pada jaringan berbasis TCP/IP.

Internet Protokol Versi 4 (IPv4)
alamat IP Address ini adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32-bit. Secara teori dapat menampung hingga 4 miliar komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 komputer diseluruh dunia. IP Address terdiri dari dua bagian, yaitu Network ID dan Host ID. Network ID bertugas untuk menentukan alamat jaringan sedangkan Host ID untuk menentukan alamat Host (komputer rout switch). Oleh karna itu IP Address memberikanalamat lengkap sebuah host beserta alamat jaringan dimana keberadaan host tersebut.

IPv4 dibagi menjadi lima kelas yaitu, A B C D E. namun yang digubakan haya kelas A B dan C karena kelas D dan E digunakan untuk keperluan khusu. pembagian kelas ini dapat dilihat dari perbedaan octet pertama.

Oktet kelas IP Address

kelas A
Alamat-alamat kelas A diberikan untuk jaringan sekala besar. kelas ini dapat memiliki hingga 126 jaringan serta 16777214 host tiap jaringannya. Alamat dengan oktet awal 127 tidak diizinkan karena digunakan untuk mekanisme Interprocess Communication (ICP) di dalam mesin yang bersangkutan.

Kelas B
Alamat-alamat kelas B diberikan khusus untuk jaringan sekala menengah hingga sekala besar. kelas unu dapat memiliki 16384 jaringan dan 65534 host untuk setiap jaringannya.

Kelas C
Alamat ini digunakan untuk jaringan sekala kecil. IP kelas ini dapat memiliki 2097152 jaringan dan 254 host untuk setiap jaringan.

Kelas D
kelas IP ini haya digunakan sebagai alamat-alamat IP multicast. IP multicast merupakan alamat IPv4 yang diguunakan untuk menyampaikan suatu paket kepada banyak penerima.

Kelas E
IP kelas E ini digunakan ssebagai alamat yang bersifat "eksperimental" atau percobaan dan dipersiapkan untuk digunakan dimasa depan.
Disqus Comments