Cara mudah mengambil screenshot layar pada komputer/laptop windows

9/04/2016
Cara mudah mengambil screenshot layar pada komputer/laptop windows

Banyak sekali cara untuk mengambil screenshot atau screen capture layar pada komputer/laptop, bisa menggunakan aplikasi seperti Light Shot dan lain sebagainya. namun kamu tidak perlu mendownload aplikasi tersebut untuk bisa mengambil gambar hasil screenshot pada komputer/laptop, kamu haya tinggal memanfaatkan Aplikasi bawaan yang sudah tersedia oleh windows.

Membuat screenshot menggunakan Aplikasi bawaan windows "Snipping Tool" 

Snipping merupakan Aplikasi yang disediakan oleh windows yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengambil screenshot pada area yang kamu inginkan.
Caranya cukup muda, buka atau lihat area bagian mana yang ingin kamu ambil screenshotnya dilayar komputer/laptop kamu, kemudian buka aplikasi "Snipping Tool" ( Start Windows > All Programs > Accessories > Snipping Tool), tentukan bagian mana yang ingin kamu capture, jika sudah akan terlihat gambar seperti ini.

Hasil dari Snipping Tool

Dibagian ini juga kamu bisa mengedit gambar hasil screenshot sesuka kamu, lalu save.

Membuat screenshot menggunakan Tombol "Prt Sc"


Ini adalah cara yang mudah untuk mengambil screenshot laya komputer/laptop kamu, haya perlu menekan tombol ctrl + Prt Sc / fn + PrtSc secara bersamaan pada keyboard atau bisa juga langsung menekan 'Prt Sc'. Jika sudah kamu tinggal membuka aplikasi paint (Start Windows ? All Programs > Accesories > Paint) yang sudah tersedia di windows Jika aplikasi sudah terbuka sekarang  tinggal menekan tombol ctrl+V untuk mempastekan gambar hasil screenshot pada aplikasi ini.

Hasil dari screenshot Prt Sc

Dibagian ini juga kamu bisa mengedit gambarnya seperti memotong (Crop) untuk mengambil yang diperlukan saja atau resize untuk mengatur ukurannya atau juga tergantung sesuai kebutuhan kamu.

Sangat mudah untuk dipraktekan tidak perlu repot harus download Aplikasi lain untuk mengambil screenshot laya komputer/laptop kamu, haya tinggal memanfaatkan aplikasi bawaan yang sudah tersedia oleh windows.
Selamat mencoba....

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar