5 Sep 2016

Pentingnya Memeriksa spesifikasi komputer

Pentingnya Memeriksa spesifikasi komputer


Kenapa harus diperiksa?

Perkembangan teknologi komputer sudah tidak dapat  dibendung lagi. Setiap waktu, selalu muncul tipe atau varian baru dari komputer/laptop. Untuk itu pengetahuan tentang perkembangan tersebut memang diperlukan khususnya bagi kamu yang akan meng-update atau membeli komputer.

Cara yang palih mudah memeriksa spesifikasi komputer adalah dengan melihat informasi yang ada didalam My Computer > Properties ( Jika OS yang kamu gunakan adalah Microsoft Windows).

Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan cara:

  • Klik Start menu.
  • Klik kanan My Computer dan pilih Properties.

cara memeriksa spesifikasi komputer/laptop

  • Selanjutnya kamu akan melihat jendela View basic information about your computer yang berisikan informasi tentang komputer. seperti:

cara memeriksa spesifikasi komputer/laptop

Alternatif lain untuk melihat spesifikasi komputer adalah dengan menggunakan perintah bawaan Windows yang bernama DXDIAG ( DirectX Diagnostic Tool ). Perintah ini akan menampilkan spesifikasi komputer dalam bentuk tab-tab yang lebih terperinci dibandingkan cara diatas tadi.

Jalankan perintah DXDIAG dengan cara:
  • Klik Start.
  • Ketik Run pada kolom Search program and file. Atau pencet tombol Win + R.
  • Ketik perintah DXDIAG lalu OK. Maka akan muncul kontak dialog DirectX Diagnostic Tool seperti gambar dibawah.

cara memeriksa spesifikasi komputer/laptop

Jika kedua Cara diatas masih dirasa kurang memenuhi informasi yang kamu inginkan ( misalkan tentang mainboard ). maka kamu dapat menggunakan utility khusus untuk mendeteksi spesifikasi hardware yang digunakan secara lengkap.

Terdapat banyak aplikasi untuk mendeteksi spesifikasi hardware.  diantaranya CPU-Z dan Everest.
kamu tidak perlu menginstal utility ini ke dalam komputer atau laptopmu. gunakan versi portible (tanpa harus diinstal) yang berjalan di setiap tipe Windows karena biasanya kita tidak terlalu sering melihat spesifikasi komputer/laptop kita. CPU-Z yang digunakan dalam contoh ini adalah CPU-Z portible. kamu dapat mendownload nya dengan bantuan Search Engine (misalnya Google: wwww.google.com).
Load disqus comments

0 komentar