Tips merawat komputer/laptop yang baik dan benar

Share:
Salah jika perawatan hanya dilakukan setelah terjadi keluhan atau kerusakan! Perawataan komputer harus dilakukan setiap saat kamu menggunakannya. nah untuk itu kali ini rulnovekom akan membahas tentang perawatan komputer yang baik dan benar.

Cara merawat komputer dan laptop yang baik

Perawatan Hardware

Beberapa hal yang perlu kamu lakukan dalam merawat komputer secara fisik ataupun hardware.
  1. Pastikan komputer telah terpasang dengan benar. Khususnya untuk PC rakitan. Misalnya pemasangan card tambahan, memory, soket processor, dan sebagainya. Hal ini bisa berakibat fatal jika terjadi kesalahan dalam pemasangan.
  2. Letakan komputer pada tempat yang strategis yaitu pada tempat dengan kondisi kelembaban yang rendah dan tidak secara langsung terkena sinar matahari.
  3. Bersihkan debu yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun monitor. khususnya pada komputer (PC) yang ditempatkan diruang terbuka. Kontraksi debu yang tinggi dapat menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu.
  4. Gunakan UPS ( Uninterruptible Power Supply ) karna sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba. akan berdampak kurang baik pada PC. apalagi pada PC yang sudah tua hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya power Supply, Hardisk, bahkan motherboard.
  5. Perhatikan suhu komputer khususnya pada pemakaian dalam waktu yang lama. komputer yang terlalu panas dapat mengakibatkan kerusakan (terbakar) yang paling sering dialami oleh processor dan power supply.
  6. Jika sistem pendingin pada komputer masih terasa kurang, kamu bisa menambahkan kipas-kipas pendingin.

Perawatan Software

hal yang perlu kamu lakukan merawat komputer secara software:
  1. Pastikan struktur partisi hardisk telah proporsional. lihat kembali caranya di artikel Merawat hardisk secara fisik  dan Merawat hardisk secara digital
  2. Gunakan operating system dan program-program yang sesuai dengan spesifikasi hardware kamu. misalnya, tidak menggunakan komputer untuk game jika komputermu tidak dirancang untuk game atau memiliki spesifikasi yang rendah (Baca : Pentingnya memeriksa spesifikasi komputer/Laptop)
  3. Selalu melakukan perawatan sistem (Baca : Cara Mengatasi Laptop Lemot pada Windows)
  4. Selalu melakukan Backup pada data-data yang dirasa penting. hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu tekena serangan virus atau terjadi kerusakan fatal hardisk.
  5. Lakukan instalasi ulang OS dan aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang secara menyeluruh sebaiknya dilakukan sekali atau dua kali pada 1 tahun untuk menyegarkan seluruh sistem.

Perlakuan khusus untuk laptop

Perawatan komputer secara hardware dan software yang dijelaskan diatas juga berlaku untuk Laptop,
namun ada beberapa tambahan perlakuan khusus untuk merawat laptop seperti:

1. Cara meletakan laptop

Letakan laptop pada tempat yang permukaannya datar atau rata dan keras.
permukaan yang tidak rata akan mengakibatkan posisi Laptop miring saat menerima ketukan pada keyboard akan mengakibatkan goncangan hardware didalamnya. dampaknya bisa saja dalam waktu lama menimbulkan kerusakan. Permukaan yang lunak seperti tempat tidur akan menghambat sirkulasi udara dari kipas Laptop yang biasanya dipasang dibagian bawah atau samping.

Jauhkan dari air
Biasanya kamu bekerja sambil minum teh dan meletakannya teh tersebut di meja tempat menaruh laptop. hal ini rentan terjadi ketumpahan atau tersiram air yang dapat berakibat fatal ( konsleting ) dan harus mengganti motherboard.

Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop dipangkuan.
Radiasi laptop dapat mengganggu kesehatan reproduksi dan tidak ada kestabilan letak laptop itu sendiri.

2. Cara membawa laptop

Hindari goncangan berlebihan
Laptop memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan yang berlebihan saat membawanya atau bahkan pernah terjatuh itu bisa mengakibatkan rusaknya motherboard atau lcd.

Gunakan tas pelindung laptop yang aman.
hal ini bisa mengurangi goncangan saat laptop dibawa kemana-mana.

3. Tips menggunakan software

Install program sesuai kebutuhan saja
Hal ini untuk memperhatikan kecepataan akselerasi laptopmu sehingga bisa menghemat memori dan hardisk.

Pasang antivirus dan selalu meng-update-nya.
Menjaga keamanan, terlebih lagi kalau laptop yang kamu gunakan sering terkoneksi dengan internet.

Instal program perawaan untuk sistem
anda bisa menggunakan software TuneUp Utilities 2010. atau mendapatkan program perawatan sistem lainya dengan bantuan Search Engine (www.google.com).

Mudah bukan cara merawat komputer kita agar tetap sehat selalu? jangan cuman haya menggunakan komputer/laptop tapi justru kita juga harus merawatnya. selamat mencoba tips diatas gan. ( UPDATE )

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar