27 Okt 2016

iPhone Ternyata Mudah Di-hack!! Kenapa Bisa?

iPhone Ternyata Mudah Di-hack!! Kenapa Bisa?

Bicara soal maturity dan prestige, tidak ada yang meragukan nama Apple dengan iPhone miliknya. Apalagi baru-baru ini hadir iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang banyak membawa fitur keren. Banyak vendor yang menjadikan iPhone sebagai trendsetter dalam membuat produk baru. Bahkan developer pun banyak yang lebih dulu melirik iPhone sebagai platform awal pengembangan aplikasinya.

Selain itu, iPhone juga terkenal memiliki sistem keamanan yang tinggi bahkan kabarnya lebih kuat dari Android. Tapi, akhir-akhir ini beredar kabar bahwa iPhone ternyata mudah di-hack!

iPhone Mudah Di-hack?

Selama ini, celah keamanan banyak menimpa Android karena memang sistem operasi Open Source. Tapi rupanya bukan hanya Android saja yang mudah di-hack atau terkena virus, karena iPhone juga punya celah keamanan yang memudahkan smartphone ini di-hack.

Seperti yang dilansir dari Ubergizmo, The Hacker News membeberkan bahwa perang iPhone bisa dengan mudah diinfeksi virus dan dibobol oleh hacker hanya lewat file gambar berekstensi JPEG. Selain gambar, file PDF juga bisa menjadi sumber virus yang berbahaya bagi iPhone. Tapi bukan file sembarangan, hanya file gambar dan PDF yang datang dari email atau website tak terpercaya. Bukan sembarang gambar, tapi gambar yang telah disisipi oleh kode khusus (patch) yang akan aktif begitu gambar tersebut dibuka.

iPhone Ternyata Mudah Di-hack!! Kenapa Bisa?

Masalah celah kemanan ini ditemukan hanya di perangkat iPhone yang menggunakan iOS 10. Namun, kabarnya Apple telah merilis update iOS 10.1 untuk menambal celah keamanan ini pada 25 Oktober kemarin. Bukan celah ini saja, update ini juga membawa perbaikan untuk semua celah keamanan lain.

Jadi, sudah update ke iOS 10.1 belum? Nggak mau kan iPhone kamu dibobol hacker hanya karena membuka sebuah gambar?
Load disqus comments

7 komentar