Menulis Dokumen Di GNU/Linux Menggunakan AbiWord

10/25/2016
Menulis Dokumen Di GNU/Linux Menggunakan AbiWord

Seperti yang sudah kita ketahui pada Sistem Operasi Windows jika kita ingin menulis sebuah Dokumen atau menulis apa saja yang dilakukan dengan menggunakan sebuah komputer, maka kita perlu yang namanya software pengolah kata untuk membantu dalam aktifitas kepenulisan tersebut. Pada windows sendiri jika kita ingin menulis sebuah dokumen maka software yang digunakan adalah Microsoft Word.

Lalu bagaimana jika Sistem Operasi yang kita gunakan adalah GNU/Linux? Di  GNU/Linux sendiri ada yang namanya software OpenOffice yang sangat populer untuk melakukan pengolahan kata. Tapi saya sendiri lebih suka menggunakan software AbiWord untuk melakukan kepenulisan sehari-hari, karena Sistem Operasi saya menggunakan GNU/Linux Debian. AbiWord mungkin tidak sepopuler dengan OpenOffice bagi pengguna Linux. Tapi bagi saya, software ini sudah lebih dari cukup untuk membantu dalam membuat dokumen atau pengolahan kata lainnya.

Seperti halnya dengan OpenOffice, tampilan AbiWord tidak berbeda dengan Microsoft Word pada windows sehingga proses adaptasi bagi pengguna Microsoft windows tidak begitu sulit.


Banyaknya pilihan dari aplikasi pengolah kata di lingkungan GNU/Linux membuat pengguna dapat dengan bebas memilih  software aplikasinya tergantung dengan selera dari kita sendiri. Inilah yang membedakannya dengan Sistem Operasi proprietary.

Aplikasi AbiWord

Seperti aplikasi pengolah kata pada umumnya, seluruh opsi yang ada pada AbiWord tidak terlalu berbeda antara satu dengan yang lainnya. 
Untuk mempermudah kalian dalam membuat dokumen atau pengolah kata lainnya, kita harus mengenal terlebih dahulu komponen apa saja  beserta kegunaan dari setiap komponen tersebut.

Komponen-komponen AbiWord
Menu Bar
Opsi-opsi yang disediakan oleh AbiWord pada menu bar adalah Berkas, Ubah, Tampilan, Sisipkan, Format, Alat-alat, Table, Collaborate, Window, Bantuan.

Pada opsi Berkas, terdapat beberapa pilihan yaitu Baru untuk membuat halaman baru, New using template... untuk membuat sebuah halaman baru dengan menggunakan template yang disediakan langsung oleh AbiWord. Buka... untuk membuka sebuah dokumen yang telah dibuat sebelumnya, Simpan Sbg... untuk menyimpan sebuah halaman yang baru kita buat, Atur Halaman... untuk mengatur halaman berupa margin, ukuran kertas, dan lain-lain.

Aplikasi AbiWord

Bagaimana cara membuat sebuah halaman resume atau sebuah kertas memo? AbiWord telah menyediakan template yang dapat mempermudah pekerjaan kita. Caranya klik Berkas - New using Template... kemudian akan terlihat tampilan dialog seperti berikut. kita akan membuat sebuah resume dengan menggunakan template Resume.awt.

Aplikasi AbiWord

Berikut tampilan sebuah dokumen baru dengan template Resume.awt. pembuatan resume dapat dengan mudah kita lakukan dengan menggunakan template tersebut.

Aplikasi AbiWord

Untuk membuka dokumen yang telah kita buat sebelumnya, Klik Berkas - Buka... selanjutnya akan tampak jendela dialog seperti berikut. klik dua kali file yang ingin kita buka atau menyorot file tersebut kemudian klik Open.

Aplikasi AbiWord

Kemudian untuk menyimpan sebuah dokumen atau file yang telah dibuat, klik Berkas - Simpan Sbg... lalu tentukan nama dan letak direktori tempat file tersebut ingin disimpan serta tipe file yang akan digunakan seperti pdf, text, abw, html dll.

Aplikasi AbiWord

Page Setup... digunakan untuk mengatur sebuah halaman kerja seperti ukuran kertas, margin, dll. Caranya klik Berkas - Atur Halaman... lalu akan tampak jendela seperti dibawah ini.

Aplikasi AbiWord

Dokumen yang kita kerjakan dapat ditinjau secara lengkap dengan mengunakan Print preview pada menu bar Berkas. Caranya klik Berkas - Tunjukan Cetakan... maka akan tampak jendela berikut.

Aplikasi AbiWord

Untuk mencetak dokumen yang telah kita buat, Klik Berkas - Cetak... maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Ada dua tab opsi yang disediakan oleh jendela dialog tersebut seperti Umum dan pengaturan Halaman.
Tab umum digunakan untuk menentukan mencetak sebuah dokumen ke dalam format pdf, Postscipt dan SVG, kita bisa memilih salah satu dari format tersebut, di tab ini juga kita bisa menentukan halaman-halaman mana saja yang akan di-print (Print Range) serta jumlah salinan yang akan dicetak setiap lembarnya (rangkap).
Tab pengaturan halaman sendiri disediakan opsi untuk pengaturan ukuran kertas (Paper size) seperti A4, letter, Ao, A1, dll.

Aplikasi AbiWord

Opsi yang terdapat pada menu bar Berkas adalah Properties. Opsi ini untuk memberikan informasi tambahan terhadap sebuah dokumen.

Aplikasi AbiWord

Pada menu bar Tampilan, beberapa opsi yang disediakan oleh AbiWord antara lain Normal layout, Web layout, In web browser, Papan simbol perintah, Master, Papan Keterangan, Enable Formatting Tools, Tampilkan Paragraf, Persentation, Tampilan penuh seta Zoom. Opsi-opsi ini lebih ke arah tampilan jendela atau halaman tenmpat kita bekerja dengan AbiWord.

Aplikasi AbiWord

Kita kemenu bar yang lain yaitu Sisipkan, Seperti pada gambar dibawah ini. Pada menu bar Sisipkan terdapat opsi seperti Nomor halaman, Tanggal dan jam, Text Box, Table, Simbol, Gambar, dll.

Aplikasi AbiWord

Untuk memasukan tanggal pada halaman lebar kerja kita saat ini dapat menggunakan langkah-langkah berikut.
  1. Klik Sisipkan > Tanggal dan jam...
  2. Pada jendela dialog Tanggal dan jam terdapat format penulisan tanggal yang berbeda-beda. Pilih salah satu opsi yang ada sesuai yang kalian mau, kemudian klik Inset.
  3. Secara otomatis AbiWord akan menuliskan tanggal sesuai dengan format yang kita piliih pada jendela dialog sebelumnya. AbiWord juga secara otomatis menyesuaikan tanggal saat ini.

Aplikasi AbiWord

Unutk memasukan simbol-simbol yang diinginkan juga dapat dilakukan pada menu bar Sisipkan ini.
  1. Pada menu bar, klik Sisipkan > Simbol...
  2. Jendela berikutnya akan muncul seperti gambar dibawah ini. pilih simbol yang ingin kita gunakan kemudian klik Masukkan untuk memasukan simbol atau karakter yang diinginkan ke lembar kerja kita saat ini.
Aplikasi AbiWord

Catatan kaki atau footnote juga disediakan oleh AbiWord untuk menambahkan kelengkapan dari tulisan yang sedang kita buat. untuk menambahkannya ke halaman kerja cukup mudah, klik Sisipkan > Footnote... atau kita ingin memasukan kedua-duanya header dan footer pada halaman AbiWord dapat dilakukan pada menu bar Format > Header/Footers... lihat gambar dibawah ini untuk memperjelas.

Aplikasi AbiWord

Dan untuk mengatur format footnotes dan endnotes, klik pada menu bar Format > Footnotes and Endnotes... seperti yang ada pada gambar dibawah.

Aplikasi AbiWord

Format penulisan angka/huruf alfabet/angka romawi yang menunjukan halaman pada Footnotes dapat kita set pada opsi format Footnotes > Footnote style.

Aplikasi AbiWord

Untuk memasukan gambar ke dalam halaman dokumen yang kita buat juga dapat dilakukan dengan memilih opsi Gambar... pada menu bar Sisipkan seperti gambar dibawah ini.

Aplikasi AbiWord

Nah, itu dia cara lengkap menulis dokumen di GNU/Linux, semoga artikel ini dapat membantu.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar