Perkembangan Teknologi Informasi Saat Ini

10/27/2016
Manusia memiliki dua fungsi kedudukan dalam kehidupan yaitu sebagai makhluk individu dan juga makhluk social. Sebagai makhluk social membutuhkan berkomunikasi antar sesamanya dan merupakan kebutuhan penting untuk dapat berinteraksi dengan yang lainnya.

Perkembangan dunia teknologi

Atas dasar kebutuhan tersebut, manusia berupaya membuat alat dan juga sistem untuk berkomunikasi yang bertujuan untuk berinteraksi yang dimulai dari zaman prasejarah dimulai dari berbentuk gambar, isyarat tangan, huruf huruf, symbol, tulisan, surat, telepon hingga internet yang sering kita pakai dalam sehari hari. Informasi yang di kelola dan disampaikan terus di kembangkan dan informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan. Dengan dilihatnya perkembangan teknologi informasi tersebut, kita diajarkan dalam sejarah teknologi informasi dalam upaya untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data meliputi:
  1. Memproses.
  2. Mendapatkan.
  3. Menyusun.
  4. Menyimpan.
Memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
Informasi yang dibutuhkan akan releva, akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, atau pun pemerintahan untuk mengambil keputusan dari informasi tersebut. Teknologi ini untuk secara akuratnya menggunakan perangkat keras seperti komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk mengakses sebuah informasi yang dibutuhkan oleh pengguna nya.

Dengan ditunjang kemajuan teknologi informasi data yang dapat digunakan dan juga dapat disebarkan secara global, siapapun dan dimanapun pengguna informasi berada, dapat diambil dan digunakan data informasi tersebut. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok satu dengan yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Seperti saya dalam mengulas artikel tentang perkembangan teknologi indormasi saat ini, dengan memanfaatkan internet dan sumber yang ada sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis akan memiliki isi yang bermanfaat bagi pembacanya.

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, memungkinkan diterapkannya cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Pada era informasi ini, jarak geografis tidak lagi faktor penentu dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampong global atau disebut Globak Village.

Kehadiran teknologi internet yang semakin pesar telah merubah kehidupan gaya masyarakat dan tuntutan pada kompetensi manusia. Pada masa kini, kehidupan manusia semakin bergantung pada sebuah komputer yang bagaimana merupakan media perangkat keras yang digunakan untuk mengakses dan juga mengolah sebuah informasi yang bermanfaat bagi para pembacanya.

Hal-hal berikut imi menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan sosial, seperti:
  1. Sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat. 
  2. Untuk menumbuhkn jiwa kewirausahaan bagi masyarakat.
  3. Meningkatkan informasi dan melihat peluang yang luas untuk memasarkan sebuah produk untuk masyarakat dan juga meningkatkan perdagangan melalui E-commerce.

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan.
Istilah 'teknologi' sendiri berasal dari kata 'techne ' atau cara dan 'logos' atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.

Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai 'keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia' 

Pengertian teknologi secara umum adalah:
  1. Proses yang meningkatkan nilai tambah.
  2. Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerj.
  3. Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

Kemajuan teknologi dan informasi menjadikan manusia dalam berhubungan dengan pihak lain seakan tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Kapanpun dan dimanapun manusia dengan perangkat teknologi tersebut bisa menjalin hubungan, mendapatkan informasi, dan menyebarkan informasi kepada orang lain. Teknologi komunikasi informasi telah memberikan kemudahan dalam pergaulan hidup manusia. Beberapa perangkat teknologi komunikasi informasi yang ada sekarang, misalnya:
  • Media cetak, seperti Koran, tabloid, dan majalah.
  • Media audio, seperti radio, tape, CD/DVD.
  • Media audiovisual, seperti TV dan juga internet
  • Komputer, perangkat inframerah, telepon, handphone, LCD, kamera, laptop.

Kemajuan teknologi dan pengaruhnya terhadap kehidupan generasi remaja

Kemajuan teknologi merupakan suatu yang tidak dapat bisa kita hindari dalam kehidupan sehari-hari, karena kemajuan teknologi berbarengan dengan seiring kemajuan tentang ilmu pengetahuan manusia. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, disisi lain juga dapat memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

Seperti pada hal etika kita harus mempergunakan teknologi dengan sebaik baiknya supaya tidak merugikan orang lain. Berdampak negatif bagi semua orang seperti dalam hal isu SARA; kemudahan transaksi yang mudah memicu bisnis-bisnis yang terlarang bagi hokum seperti narkoba atau Black Market seperti barang-barang yang illegal; penipu ataupun penjahat yang bermunculan pada transaksi belanja secara online; dan juga muncul nya para plagiator pada hal penjiplakan budaya seni.

Adapun etika yang baik dalam hal menggunakan teknologi yang baik yaitu:
  1. Kesadaran dalam kemampuan dan keterbatasan teknologi dan informasi dan komunikasi.
  2. Tidak menggunakan perangkat komputer dengan tujuan membahayakan orang lain.
  3. Tidak mencampuri kerja komputer orang lain.
  4. Tidak mengintip file orang lain; tidak menggunakan perangkat kerja komputer untuk pekerjaan illegal.
  5. Tidak menggunakan atau menyalin perangkat lunak yang belum dibayar.
  6. Menghindari situs-situs yang berisi kekerasan dan pornografi.
  7. Dan juga teknologi informasi dan komunikasi agar digunakan secara betul dan beretika yang digunakan untuk perlindungan data dan informasi.
Jadi internet tergantung pada pemakainya, bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu dan juga mengolah nya dengan informasi yang bermanfaat.

Ada beberapa faktor pendukung untuk muncul nya globalisasi tentang kemajuannya teknologi informasi yaitu:
  1. Faktor pertama, Berkembang dengan pesatnya teknologi komunikasi berpengaruh juga pada hal perkembangan infrastruktur dan telekomunikasi dunia. Di Negara-negara yang infrastrukturnya maju, dalam hal komunikasi sangatlah berkembang dengan pesat, disetiap rumah dan perkantoran dilengkapi dengan telepon, mesin fax, televise, dan juga internet.
  2. Faktor yang kedua, adanya integrasi ekonomi dunia. Era globalisasi juga maju berkembang seiring dengan adanya integrasi ekonomi dunia. Berbanding terbalik dengan era sebelumnya, perekonomian global tidak hanya di dasarkan pada pertanian dan industri, melainkan juga pada sektor-sektor pendukung lainnya. Dengan globalisasi akan terjadi apa yang disebut era pasar bebas, yaitu ketik semua Negara dengan bebas memasarkan produknya ke Negara-negara lain dan setiap orang bebas mencari pekerjaan ke Negara lain. Semua itu merupakan tantangan bagi setiap bangsa dan rakyat Indonesia karena kualitas produk dan sumber daya mansia akan sangat menentukan.

Di era globalisasi ini, setiap bangsa bebas keluar masuk memberikan pengaruhnya kepada bangsa lain. Akibatnya, berbagai paham dan ideologi pun masuk ke bangsa lain, begitu pula bangsa Indonesia. Berbagai paham masuk ke Indonesia, baik itu paham yang berguna untuk kemajuan bangsa maupun paham yang dapat merusak moral bangsa.

Paham-paham tersebut antara lain:
  1. Individualisme, suatu paham yang mementingkan kepentingan diri sendiri.
  2. Materialime, suatu paham yang selalu mengutamakan segala sesuatu berdasarkan materi.
  3. Sekularisme, suatu paham yang selalu mencerminkan kehidupan duniawi.
  4. Hedonisme, suatu paham yang melihat bahwa kesenangan atau kenikmatan menjadi tujuan hidup dan tindakan manusia.

Dalam hal ini, sangat diperlukan ketahanan dan ketangguhan bangsa Indonesia. Dengan modal tersebut kita akan menghadapi masalah yang timbul akibat gobalisasi serta sikap bijaksana dalam memilah budaya luar supaya pengaruh tersebut tidak merusak jati diri bangsa Indonesia.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar