Awas! Malware Mampu Mengintai Smartphone

11/25/2016
Tidak ada hentinya kabar mengenai perangkat smartphone yang diserang malware. Minggu ini saja dikabarkan bahwa banyak smartphone murah mengirimkan data-data penting penggunanya ke China. Selain itu, ada juga kabar 3 juta smartphone murah terancam serangan malware.

Malware Mampu Mengintai Smartphone

Kali ini peneliti asal Israel menemukan sebuah cara baru dalam mengintai seseorang. Bila biasanya dilakukan melalui web camera atau microphone, kali ini malware yang diciptakan mampu mengintai melalui perangkat headphone.

Malware Mampu Mengintai Lewat Headphone


Dilansir BGR, peneliti cyber security dari Universitas Ben Gurion di Israel menemukan cara baru dalam melakukan pengintaian. Malware yang diberi nama “Speake(a)r” ini memiliki kemampuan meretas komputer dan menggunakan headphone yang terhubung untuk melakukan perekaman suara.

Malware ini akan mengubah fungsi earphone atau headphone, dan memfungsikannya sebagai microphone. Speake(a)r akan mengubah getaran di udara menjadi sinyal elektromagnetik dan merekam secara jelas suara yang ada di ruangan,” jelas Mordechai Guri, pemimpin di Laboratium Penelitian Ben Gurion.

malware mampu merekam suara yang ada di ruangan. Walaupun microphone sudah dimatikan bahkan dicabut dari komputer, malware ini tetap dapat merekam dengan jelas. Hal ini karena malware menyerang chip RealTek dan mengubah channel output menjadi input.

Nah, bagaimana menurut kamu? Perkembangan teknologi ternyata membuat privasi kamu makin terancam ya. Tetap waspada dan jangan lupa ketahui ciri-ciri kalau perangkat kamu sedang terserang malware.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar

mantap gan infonya, terus mengatasi malwer sendiri kek mana gan.,.?

Balas

baru tau malware bisa buat ngintai,paling ngeselin virus pop up iklan

Balas