13 Nov 2016

Cara Membuat Media Installer Bootable Flashdisk Windows 7/8/10 Menggunakan Rufus

Sebagian orang dalam menginstall windows memilih untuk menggunakan CD/DVD sebagai medianya, akan tetapi tidak banyak yang tahu ada cara yang lebih simpel dan mudah yang dapat kita gunakan dalam menginstall sistem operasi pada komputer/laptop kita. berawal ketika saya ingin menyelesaikan sebuah laporan prakerin yang membahas tentang sistem operasi dan ingin membahas sedikit cara pemasangan sistem operasi pada laporan saya, lalu saya memutuskan untuk mencarinya di google dan ternyata saya menemukan sebuah pembahasan tentang "cara menggunakan flasdisk sebagai media installasi sistem operasi" dan ternyata cara itu cukup muda, haya dengan memanfaatkan flashdisk yang kita punya untuk membuat sebuah media instalasi sistem operasi.


Lalu bagaimana agar flashdisk kita bisa digunakan untuk menginstall sistem operasi kedalam komputer/laptop? salah satu cara untuk membuat flashdisk bootable adalah menggunakan rufus. Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll.

Berdasarkan website resmi pengembang Rufus, aplikasi rufus mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan program sejenisnya seperti WinToBootic, RMPrepUSB, Universal USB Installer atau Windows 7 USB/DVD Download Tool ketika melakukan pembuatan USB bootable flashdisk untuk windows 7 x64 menggunakan prosesor Core 2 Duo, memori 4 GB, dan USB 3.0 controller serta 16 GB USB 3.0 ADATA S102 flash drive serta sistem operasi Windows 7 x64.

Rufus juga mendukung pembuatan Bootable Flashdisk untuk banyak sistem operasi, seperti Arch Linux, Archbang, CentOS, Fedora, FreeDOS, LiveXP, Kubuntu, Linux Mint, OpenSUSE, Ubuntu, Windows XP, Windows Server, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan sistem operasi lainnya.

Beberapa kegunaan software utility Rufus :

  • Membuat media instalasi USB dari ISO bootable ( Windows, Linux, UEFI, dll)
  • Membantu anda yang perlu bekerja pada sistem yang tidak memiliki sistem yang terinstal
  • Membantu anda yang perlu Flash BIOS atau firmware lain dari DOS anda yang ingin menjalankan utilitas tingkat-rendah

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat flashdisk bootable Window 7/8/10 menggunakan software utility Rufus.

Peralatan dan Perlengkapan

  • Aplikasi Rufus, jika anda belum memilikinya bisa men-download terlebih dahulu secara geratis melalui situs resminya di http://rufus.akeo.ie/
  • Flashdisk, kapasitas flashdisk minimal 4 GB dikarenakan ukuran windows 7/8/10 ini cukup besar. Dan pastikan juga flashdisk anda memiliki cukup ruang penyimpanan, silakan format terlebih dahulu jika diperlukan.
  • File ISO Windows 7/8/10, jika file iso anda masih dalam bentuk rar/zip maka ubah terlebih dahulu ke ISO agar dapat digunakan.

Format Flashdisk Dengan Model FAT32 ( Default )

  1. Buka Exploler kemudian pilih flashdisk yang akan diformat
  2. Klik kanan pada Flashdisk kemudian pilih Format
    Keterangan:

    Capacity : pilih flashdisk yang akan diformat
    File System : pilih FAT32 ( Default )
    Pilih start untuk mulai format
  3. Setelah pilih Start ada peringatan WARNING silakan pilih OK
  4. Format flashdisk selesai.

Membuat Flashdisk Bootable Window 7/8/10 Dengan Rufus

1. Colokan flashdisk ke dalam port USB komputer/laptop anda.
2. Jalankan software rufus yang telah di download pada link diatas tadi dengan klik 2 kali

Bootable flashdisk menggunakan rufus
Keterangan:
  1. Pilih flashdisk yang akan digunakan untuk flashdisk bootable
  2. Pilih NTFS 
  3. Pilih file iso windows 7/8/10
4. Untuk membuka file iso caranya klik pada gambar seperti CD, untuk lebih jelas lihat gambar diatas dan perhatikan nomor 3, kemudian cari file ISO kemudian pilih Open.

bootable flashdisk menggunakan rufus

5. Setelah file ISO dipilih kemudian silakan klik 'Start'.
6. Jika setelah klik Start ada peringatan WARNING, tinggal klik 'OK'.
7.  Kemmudian silakan tunggu proses hingga selesai dan mungkin akan membutuhkan proses yang lumayan lama.
8. Jika sudah tampak seperti gambar dibawah ini, berarti proses sudah selesai, silakan tekan tombol Close untuk mengakhiri.

bootable flashdisk menggunakan rufus

Setelah membuat flashdisk bootable windows 7/8/10 sudah selesai, maka flashdisk siap digunakan untuk menginstall windows laptop atau komputer Anda. dan jangan lupa ganti first boot nya di settingan BIOS dengan removable disk dan nantinya sistem akan otomatis mendeteksi flashdisk untuk instalasi sistem dan cara penginstalan nya pun sama dengan menginstal menggunakan CD/DVD.

Semoga bermanfaat buat Anda yang ingin menginstall sistem operasi dengan mudah menggunakan flashdisk, demikian tutorial yang menjelaskan Cara Membuat Media Installer Bootable Flashdisk Window 7/8/10 Menggunakan Rufus.
Load disqus comments

1 komentar: