18 Nov 2016

Cara Menggati Nama File Secara Masal

Sering kali kamu menjumpai file dengan nama yang kurang jelas, misalkan file musik dengan nama "track 06.pm3". Hal ini tentu akan menyulitkan kalian mencari dan mengunakan file tersebut. Untuk itu disarankan menggantinya dengan nama yang lebih jelas, misalkan "Sejedewe06.mp3" (artis.mp3) agar file terlihat rapi dan teratur yang memperkecil kemungkinan hilangnya data karena kelalaian/ketidaktelitian menyeleksi berdasarkan nama serta mempermudah pengaturan lokasi.

Menggati Nama File Secara Masal

Salah satu program gratis yang dapat kalian gunakan untuk mengganti nama file secara otomatis adalah IrfanView ( program photo viewer ) yang dapat kamu download pada situs resminya di http://irfanview.tuwien.ac.at/. Masuk kedalam menu Download. Tunggu proses download hingga selesai.

download program irfanview

Setelah program selesai di-download, kemudian instal pada komputer kalian dengan cara double klik file hasil download tersebut dan ikuti tahap instal selanjutnya. Selanjutnya jalankan program IrfanView dan mulailah mengganti nama file secara sekaligus dengan langkah berikut :

Cara Mengganti Nama File Secara Masal

1. Klik menu File > Batch Conversion/Rename

Menggati Nama File Secara Masal

2. Untuk mengganti file secaara masal, aktifkan opsi Batch Rename pada kolom Work as.
3. Tentukan pola penamaan baru yang kalian inginkan. Pola tersebut terdiri dari dua komponen penting yaitu NamaFile_### ( tanda # untuk penomoran ). Misalkan rulnovekom_###.
4. Tentukan lokasi folder penyimpanan dengan klik Browser. Jika kalian ingin menyimpan hasil foto-foto tersebut di dalam folder asalnya, maka kalian dapat mengklik tombol Use current ('look in') directory.
5. Selanjutnya, kalian dapat masuk ke dalam lokasi folder file yang akan di-rename sekaligus pada kolom Look in.
6. Seleksi file-file tersebut atau masukan semua file foto dengan klik tombol Add all.
7. Mulailah melakukan penggantian nama secara sekaligus dengan klik tombol Start Batch.
 
Menggati Nama File Secara Masal

Sekian tips cara mengganti nama file secara masal yang bisa saya berikan. semoga bermanfaat untuk kalian.
Disqus Comments