Cara Mudah BackUp Driver Komputer/Laptop Windows

11/21/2016
Seperti yang sudah rulnovekom jelaskan pada artikel sebelumnya ( Baca : Troubleshooting Driver Komputer/Lapotop windows ) Peranan driver sangatlah penting. Berapa pun kualitas dan harga hardware yang kamu miliki, tidak akan dapat digunakan jika komputer tidak mengenali drivernya. Untuk itu kamu wajib selalu menjaga file driver agar selalu aman dan dapat digunakan setiap saat jiga kamu ingin menginstal ulang komputer.

Backup driver komputer

Namun bagaimana jadinya jika CD driver yang biasa disertakan dalam satu paket penjualan hardware hilang? Ada dua cara yang dapat kamu lakukan, yaitu :

  1. Mengunjungi situs produsen hardware dan men-download file driver ( jika disediakan ) atau mencari software driver di dalam internet.
  2. Membackup driver dari Windows yang masih aktif menggunakan utility khusus driver backup.

Meskipun komputer berjalan normal,sebaiknya kamu tetap waspada jika suatu kali Windows telah rusak. Untuk itu, kamu dapat menggunakan pilihan kedua ( termudah ) yaitu menggunakan utility backup driver seperti DriverMax. Untuk membackup menggunakan utility DriverMax simak caranya dibawah.

Cara Backup Driver Komputer/Laptop

Dapatkan aplikasi DriverMax ini dengan men-download dari URL situs http://www.drivermax.com/. Klik Download DriverMax Free dan tunggu download hingga selesai.

DriverMax


Setelah program master dari Driver Max berhasil di download. Kini Instal DriverMax dengan cara double klik file hasil download tadi dan tunggu hingga selesai.

Selanjutnya setelah DriverMax berhasil diinstal didalam komputer, kamu dapat mulai memerintah DriverMax  untuk menyimpan driver-driver yang telah terinstal pada Windows yang kamu gunakan Caranya adalah:

1. Buka aplikasi DriverMax. Klik Start > All Programs > DriverMax.
2. Masuk ke dalam tab Backup.

BackUp Driver

3. Kemudan pilih Create driver backup arachive. Klik Next.

BackUp Driver

4. Setelah itu pilih driver apa saja yang akan kamu backup. Sebaiknya kamu mem-backup seluruh driver dengan klik Select All, siapa tau driver tersebut dibutuhkan suatu saat nanti. Jika sudah maka Klik Backup.

BackUp Driver

5. Tunggu hingga proses backup selesai.

BackUp Driver

6. Kalau sudah selesai maka buka hasil backup tadi dengan cara klik Open backup folder. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

BackUp Driver
Catatan : secara default, DriverMax akan menyimpan file backup driver kedalam folder My Documents. Sebaiknya jika sudah selesai mem-backup, file hasil backup pindahkan ke lokasi penyimpanan drive ( partisi ) lainya ( misalkanya drive D ) karena drive C adalah drive (partisi) sistem yang rentan terhadap kerusakan dan format karena instal ulang).

7. Jika file backup sudah ada berarti backup drivers sukses.

BackUp Driver

Simpan dengan baiik folder atau file hasil backup ini karena akan sangat dibutuhkan saat Kamu melakukan instal ulang Windows.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar