Troubleshooting Driver Komputer/Laptop Windows

11/21/2016
troubleshooting driver windows

Tanpa driver yang sesuai, sebuah hardware tidak akan dapat digunakan di dalam sebuah komputer ( Operating System ). Kata driver jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti pengendali, sopir, atau orang yang menjalankan ( biasanya kendaraan berjenis mobil ). Sesuai dengan pengertiannya, driver dalam komputer memiliki fungsi yang serupa yaitu sebagai software ( sopir ) yang mengendalikan hardware ( mobilnya ). Dengan kata lain driver merupakan sebuah software khusus yang ditanam ( diinstal ) ke dalam Operating System ( Windows, Linux, dsb.) untuk menjalankan sebuah hardware.

troubleshooting driver windows

Misalkannya saja kamu memasang printer pada komputer (PC atau Laptop), OS pada komputer akan medeteksi harware printer tersebut dan mencari driver hardware-nya.

Tanpa mengenalkan driver, hardware yang terpasang tidak akan dapat berfungsi kecuali jika hardware yang kamu gunakan sudah dikenali oleh komputer. Periksalah susunan diriver yang terinstal di dalam OS apakah telah sesuai dengan hardware yang terpasang di dalam rangkaian PC atau Laptopmu. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik kanan shortcut My Computer dan pilih Properties.
  2. Jalankan fitur Device Manager.
  3. Selanjutnya periksa strukur driver yang kamu miliki apakah semua telah lengkap.

troubleshooting driver windows

Jika terjadi ketidak sesuaian hardware yang dipasang dan driver yang diinstal maka akan tampil dengan logo Other device atau bisa juga tanda segitiga kuning. Artinya, hardware telah terpasang di dalam komputer, namu OS belum mengenali driver hardware tersebut. Untuk itu, instal driver-nya agar hardware ( device ) tersebut dapat berjalan dengan normal.

Peranan driver sangatlah penting. Berapa pun kualitas dan harga hardware yang kamu miliki, tidak akan dapat digunakan jika komputer tidak mengenali drivernya. Untuk itu kamu wajib selalu menjaga file driver agar selalu aman dan dapat digunakan setiap saat jiga kamu ingin menginstal ulang komputer.

Namun bagaimana jadinya jika CD driver yang biasa disertakan dalam satu paket penjualan hardware hilang? Ada dua cara yang dapat kamu lakukan, yaitu :

  1. Mengunjungi situs produsen hardware dan men-download file driver ( jika disediakan ) atau mencari software driver di dalam internet.
  2. Membackup driver dari Windows yang masih aktif menggunakan utility khusus driver backup.

Meskipun komputer berjalan normal,sebaiknya kamu tetap waspada jika suatu kali Windows telah rusak. Untuk itu, kamu dapat menggunakan pilihan kedua ( termudah ) yaitu menggunakan utility backup driver seperti DriverMax. Untuk membackup driver menggunakan utility DriverMax simak caranya pada postingan tips windows selanjutnya nanti. ( Update : Cara Backup Driver Komputer/Laptop Windows )

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar