4 Alat Yang Bisa Pancarkan Sinyal WiFi Sampai Ratusan KM!

12/03/2016
4 Alat Yang Bisa Pancarkan Sinyal WiFi Sampai Ratusan KM!

Siapa sih yang gak kenal Wifi di jaman serba internet seperti sekarang? Sebuah teknologi broadband nirkabel yang sering dipergunakan sebagai jalur untuk distribusi internet ke perangkat-perangkat seperti ponsel, PC, ataupun laptop.

Namun bagaimana dengan jangkauan WiFi? Biasanya dalam sebuah rumah, kalau cukup besar, kamu butuh beberapa perangkat WiFi agar bisa mencakup secara keseluruhan. Ternyata ada loh perangkat WiFi yang mampu mencapai jarak ratusan kilometer.

4 Alat Ini Bisa Pancarkan Sinyal WiFi Sampai Ratusan KM!


WiFi yang biasa kamu pakai di rumah itu memang didesain untuk indoor, makanya jangkauan pun gak bisa jauh-jauh. Nah, ini loh perangkat WiFi yang didesain untuk outdoor dan mampu mencapai jarak yang jauh.

1. Mikrotik

Mikrotik

Perangkat ini sudah sangat terkenal. Mungkin beberapa di antara kamu sudah tahu perangkat ini. Tapi kamu sudah tahu belum? Perangkat ini mempergunakan WiFi seperti di rumah-rumah sebagai standarnya loh, lalu dikembangkan lagi lebih jauh. Rekor jarak terjauh WiFi Mikrotik ini rupanya mampu hingga jarak 304 km.

2. Ubiquity

Ubiquity

Merupakan perangkat pesaing berat dari Mikrotik. Kalau kamu awam dalam konfigurasi perangkat WiFi Outdoor dan kamu mau coba, saya sangat menyarankan Ubiquity. Berbeda dengan Mikrotik, Ubiquity ini memanjakan usernya dengan GUI (Guide User Interface) yang simple dan mudah dipahami untuk siapa saja. Dengan beberapa klik, maka kamu sudah dapat menghubungkan perangkat Ubiquity ini. Secara garis besar sih tidak berbeda jauh konfigurasinya dengan TP-Link.

Perangkat Ubiquity dibanderol kurang dari 5 juta rupiah dan dapat mencapai jarak hingga 25 kilometer dengan speed hingga 450 Mbps. Memang tidak sejauh jarak Mikrotik, tapi 25 kilometer saja sudah jauh sekali ya. Kira-kira itu jarak dari rumah aku menuju rumah kamu (eh, hehehe)

3. Cambium Networks


Cambium Networks

Perangkat ini dulunya bermerek Motorola, karena satu dan lain hal, sekarang sudah berganti nama menjadi Cambium Networks. Awalnya sih tidak memakai WiFi sebagai standarnya, tapi menggunakan teknologi custom yang dirahasiakan oleh perusahaan. Tapi sekarang Cambium Networks sudah memakai WiFi sebagai standarnya juga kok.

Perangkat WiFi Cambium Networks mampu mencapai jarak hingga 245 kilometer dengan kecepatan hingga 450 Mbps. Namun untuk memakai perangkat ini nampaknya perlu merogoh kocek agak dalam, pasalnya harga pasaran perangkatnya kisaran di 20 sampai 100 juta rupiah.

4. Mimosa


Mimosa

Kalau bicara Mimosa, masih seperti Cambium Networks dimana perangkat ini harganya cukup mahal. Wajar saja, penggunaan perangkat ini pun rata-rata dipakai untuk jalur utama internet (backbone). Namun agak berbeda dengan Cambium Networks, Mimosa konsisten dengan mengadaptasi standar WiFi dari awal.

Dengan perangkat Mimosa di kisaran harga 20 sampai 50 juta, mampu mencapai jarak 20 kilometer. Hmm, biasa saja ya, tidak begitu jauh. Eits, tunggu dulu, bagaimana dengan kecepatannya? Rupanya mampu hingga 1,2 Gbps loh. Bagaimana, luar biasa kencang bukan?

Kira-kira kalau kamu punya perangkat-perangkat tersebut, mau kamu apain nih? Contohnya kamu bisa bikin koneksi dari kantor kamu ke rumah loh, jadi kamu bisa internetan gratis pakai jalur internet dari kantor. Nah kira-kira apalagi ya? Tinggalkan pada kolom komentar ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar