4 Des 2016

Situs Rekomendasi untuk Belajar Coding Secara Gratis

Di era digital seperti sekarang ini, kamu sebenarnya sudah tidak perlu repot untuk mencari informasi. Karena dengan smartphone saja, kamu dapat dengan mudahnya memiliki informasi apa pun hanya dengan mengetikkan kata kunci dan mencari jawaban ke Mbah Google.

Situs Rekomendasi untuk Belajar Coding Secara Gratis

Selain itu, indahnya menikmati perkembangan teknologi saat ini adalah kamu bisa belajar apa pun secara mudah dan tentu saja gratis, hanya dengan membuka sebuah situs. Maka dari itu, rulnovekom akan berikan situs rekomendasi untuk belajar coding secara gratis, untuk kamu yang suka dunia IT.

Situs Rekomendasi untuk Belajar Coding Secara Gratis


1. Codecademy


Codecademy

Situs Codecademy merupakan salah satu situs yang memungkinkan kamu belajar coding secara gratis. Jika kamu ingin tahu, sudah ada lebih dari 24 juta orang yang belajar coding menggunakan situs ini. Di sini, kamu akan diajarkan tentang HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Phyton dan Ruby.

2. Coursera


Codecademy

Situs untuk belajar coding secara gratis selanjutnya adalah Coursera. Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2012 silam. Coursera sendiri sudah menjadi sebuah perusahaan di bidang pendidikan teknologi yang menawarkan lebih dari 1000 program dan 119 institusi. Menariknya, selain kamu bisa belajar gratis di situs ini, kamu juga bisa melakukan pembayaran untuk dapat memperoleh sertifikat. Tertarik?

3. edX


edX

edX merupakan salah satu platform online-learning yang cukup terkenal di bidang pendidikan teknologi. Situs ini bersifat open source. Situs ini didirikan pada tahun yang sama dengan Coursera dan dibangun oleh Universitas Harvard dan MIT. Jadi, siapa yang sudah siap belajar coding gratis melalui situs ini?

4. Udemy


Udemy

Situs Udemy merupakan situs belajar coding gratis yang sudah ada sejak tahun 2010. Dengan membuka situs ini, kamu bisa belajar pemrograman secara cuma-cuma dengan metode yang disajikan melalui tayangan video. Salah satu pembelajaran yang tersedia gratis di sini adalah Programming for Entrepreneurs, HTML & CSS, serta Introduction Pyhton Programming.

5. aGupieWare


aGupieWare

Situs aGupieWare merupakan sebuah pengembang aplikasi yang mana sudah disurvei oleh program ilmu komputer dari beberapa lembaga terkemuka di Amerika Serikat. Pada akhirnya, situs ini memiliki kurikulum yang sama berdasarkan program gratis yang juga tersedia di Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Berkeley dan Columbia.

6. GitHub


GitHub

Situs GitHub dapat memungkinkan kamu untuk mencari buku referensi ketika suatu waktu kamu dalam kondisi terdesak. Bahkan, kamu dapat mencari dan menemukan lebih dari 500 buku pemrograman secara gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda. Tenang saja, buku-buku yang ada di GitHub selalu update kok.

7. MIT Open Courseware


MIT Open Courseware

Nah, situs ini cukup menarik untuk kamu, guys! Pasalnya, jika kamu sudah merasa cukup dengan pembahasan pemrograman dasar, kamu bisa mengunjungi MIT Open Courseware untuk belajar coding secara gratis yang lebih mendalam lagi. Sesuai dengan namanya, situs ini memanfatkan courseware milik MIT untuk bisa membagikan ilmu pemrograman. Bahkan, di sini kamu bisa belajar Practical Programming loh. Keren kan?

8. Hack.pledge()


Situs Hack.pledge() merupakan situs yang komunitas developer. Di sini, kamu akan melihat beberapa developer yang high-profile. Perlu kamu tahu, di situs ini ada developer terkenal yang bernama Bram Cohen. Beliau adalah penemu software BitTorrent. Jadi, kamu bisa belajar coding gratis sambil berbagi pengalaman ke beberapa developer terkemuka di dunia.

9. Code Avengers


Code Avengers

Code Avengers merupakan situs belajar coding gratis yang sangat interaktif. Di sini, kamu bisa mempelajari bagaimana coding game yang sesungguhnya, coding sebuah aplikasi, serta tidak lupa akan ada pelajaran mengenai JavaScript, dan HTML & CSS. Setiap pelajaran, akan memakan waktu hingga 12 jam untuk dapat diselesaikan. Oh ya, situs ini tersaji dalam bahasa Inggris, Rusia, Belanda, Spanyol, Italia, Turki, dan Portugal.

10. Khan Academy


Khan Academy

Khan Academy Situs belajar coding gratis ini sudah cukup tua. Sudah ada sejak tahun 2006 yang mana pengajar pertamanya adalah Salman Khan. Setiap langkah untuk belajar coding di sini disajikan dalam bentuk video tutorial. Kayaknya, nggak perlu dijelaskan lebih panjang lagi, kamu bisa langsung mengunjunginya dan belajar.

11. Free Food Camp


Khan Academy

Pada situs Free Food Camp, kamu akan mempelajari HTML5, CSS3, JavaScript, Database, DevTools, Node.js, Angular.js, dan Agile. Di sini, kamu dapat bergabung dengan jaringan komunitas mahasiswa hingga profesional sekalipun. Kerennya, di sini kamu bisa membuat sebuah aplikasi gratis sekaligus menunjukkan keterampilan coding yang sudah kamu kuasai.

12. HTML5 Rocks


HTML5 Rocks

Situs belajar coding gratis terakhir adalah HTML5 Rocks. Situs ini merupakan proyek Google yang sudah diluncurkan pada tahun 2010. Situs ini didirikan untuk melawan HTML5 Apple. Kamu bisa mendapatkan beragam tutorial dan lain sebagainya. Dengan aktif mengunjungi situs ini, kamu akan mampu memiliki dasar yang baik dalam bidang pemrograman.

Itulah, situs rekomdasi belajar coding gratis, dilansir dari Enterpreneur.com. Apakah kalian pernah mengunjungi salah satu situs diatas? Jangan malas belajar, agar kelak kamu bisa membanggakan Tanah Air dengan prestasi yang kamu capai. Selamat mencoba!
Load disqus comments

1 komentar: