Cara Mencegah Serangan Man In The Middle (MITM)

1/04/2017
Mencegah Serangan MITM

Man-in-The-Middle sering disingkat MITM di kriptografi dan keamanan komputer adalah bentuk aktif menguping di mana penyerang membuat koneksi independen dengan korban dan pesan relay antara mereka, membuat mereka percaya bahwa mereka berbicara langsung satu sama lain melalu koneksi pribadi, padahal sebenarnya seluruh percakapan dikendalikan oleh penyerang.

Mencegah Serangan MITM


Untuk mencegah serangan MITM hal yang harus pertama dilakukan adalah bahwa kita akan mengedit sistem file. Ada dua hal yang harus diperhatikan. Hal pertama backup sistem file yang asli, yang kedua adalah mendapatkan hak akses sebagai root untuk melakukan konfigurasi file. File ini berada pada directory /etc/sysctl.conf. Namun, lakukan backup terlebih dahulu konfigurasi tersebut dengan cara dibawah ini:

konfigurasi file sysctl.conf

Kemudian lakukan perubahan konfigurasi pada file etc/sysctl.conf menggunakan text editor nano.

konfigurasi file sysctl.conf

Cari kata "MITM" dengan menekan tombol Ctrl+W pada keyboard untuk memudahkan pencarian kata "MITM". Lalu hapus tanda pagar yang ada pada dua konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

konfigurasi file sysctl.conf

Rubah menjadi seperti gambar dibawah ini:

konfigurasi file sysctl.conf

Save konfigurasi dengan menekan Ctrl+O kemudian Enter, Keluar dari text edir dengan menekan Ctrl+X. kemudian jalankan perintah sysctl -p untuk mengaktifkan konfigurasi yang dirubah tadi.

konfigurasi file sysctl.conf

Ini adalah salah satu cara untuk menghindari server kita dari serangan MITM, dengan tidak menerima sambungan redirect apapun dari host lain.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar