12 Jan 2017

Komponen-komponen Dasar Sistem Komunikasi Data

Komponen-komponen Dasar Sistem Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses petukaran data antara dua perangkat komunikasi melalui medium transmisi seperti kabel, wireless, dll. Sebuah data saling berkomunikasi yakni saat seseorang berkomunikasi dengan orang lain, maka akan terjadi tukar menukar informasi satu sama lainnya. Tukar menukar informasi ini dapat terjadi secara lokal ataupun secara remote. Antaradua individu yang berbeda, komunikasi secara lokal terjadi antara face to face, sedangkan secara remoe dapat terjadi jika terdapat perbedaan jarang, waktu, dan tempat.

Komponen-komponen Dasar Sistem Komunikasi Data

Pada gambar diatas, telihat bahwa terdapat beberapa komponen dasar pembentuk komunikasi data. komponen dasar tersebut meliputi:

  1. Pesan (Messager) - Merupakan informasi yang akan ditransmisikan. Pesan tersebut dapat berupa text, angka, suara, gambar, atau video serta kombinasi dari seluruh pesan tersebut.
  2. Sender - Perangkat yang berfungsi untuk mengirimkan informasi. Sender dapat berupa komputer, workstation, handset pesawat telepon, kamera video, dll.
  3. Protokol - Protokol merupakan seperangkat aturan yang digunakan untuk saling berkomunikasi. Dapat dianalogikan seperti bahasa yang digunakan oleh manusia.
  4. Receiver - Perangkat yang berfungsi untuk menerima informasi atau pesan dari sender. Dapat berupa workstation, komputer, TV, handphone, dll.
  5. Media transmisi - media transimisi merupakan tempat data atau informasi dilewatkan dari sender ke receiver. Dapat berupa kabel twister pair, kabel coaxial, fiber optik, laser, gelombang radio (terrestrial atau satelit).


Disqus Comments