10 Jan 2017

Tips Sederhana Menjaga Keamanan Komputer/Laptop Agar Tidak Mudah Diretas

Tips Sederhana Menjaga Keamanan Komputer/Laptop Agar Tidak Mudah Diretas

Informasi tentang kejahatan pada dunia komputer khususnya jaringan Internet seperti serangan virus, worm, Trojan, Denial of Service (DoS), Web deface, pembajakan software, sampai dengan masalah pencurian kartu kredit semakin sering menghiasi halaman media massa. Kejahatan pada dunia komputer terus meningkat sejalan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang ini. Tantangan ini sebenarnya memang sudah muncul sejak awal. Kemunculan teknologi komputer hanya bersifat netral. Pengaruh positif dan negatif yang dihasilkan oleh teknologi komputer lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Pengaruh negatif yang berkembang dengan pesat dan merugikan banyak pengguna komputer diseluruh dunia adalah kejahatan komputer melalui jaringan internet atau yang biasa disebut dengan Cybercrime.

Maka dari itu, kita harus bisa menjaga keamanan komputer/laptop yang kita miliki dengan baik, lalu seperti apa caranya?

Tips Sederhana Menjaga Keamanan Komputer/Laptop Agar Tidak Mudah Diretas



  • Selalu jaga komputer/laptop kamu up-to-date. Ini adalah cara yang paling sederhana namun termasuk paling efektif pula dalam mencegah hacker berbahaya maupun hacker Indonesia dan para kriminil cyber untuk meretas perangkatmu.
  • Gunakan password yang kuat dan terdiri dari berbagai macam huruf, angka, dan simbol. Jangan gunakan password yang sama untuk dua akun yang berbeda.
  • Gunakan Antivirus sebagai salah satu keamaan yang harus dimiliki dalam perangkatmu. Antivirus dapat membantu kamu mengamankan komputer dari serangan virus dan malware.
  • Selalu berhati-hati terhadap software yang kamu install atau kamu download. Usahakan jangan gunakan software bajakan yang tidak jelas asal-usulnya.
Disqus Comments