Pengertian Dan Jenis-Jenis Memory (RAM dan ROM) Pada Komputer

Share:
Bagi orang awam dalam dunia komputer, seringkali fungsi “Memory” (RAM dan ROM) ditafsirkan sebagai media penyimpanan atau “Storage” (Hard Disk) walaupun keduanya sangat berbeda.

Pengertian, jenis, fungsi ram dan rom

Sebagai Contoh misalnya: alat musik elektronik sederhana yang digunakan oleh penjual “Es krim”. Alat ini mempunyai lagu tertentu dan tersimpan dalam satu Integrate Circuit (IC). Dalam IC ini ada media penyimpanan not-not lagu dan ada memory sebagai salah satu fasilitator untuk memperdengarkan not-not tersebut. Namun karena ketidaktahuan maka orang lebih mengenal kepingan IC ini sebagai memory.

Dalam penjelasan singkat di atas kiranya sangat jelas bahwa memory (RAM) hanya sebagai tempat antrinya data-data yang akan segera diproses. Itulah sebabnya dalam sebuah PC diperlukan memory yang cukup besar agar ruang antri data luas sehingga CPU dapat dengan cepat memanggil data yang akan diproses. Memory yang kita kenal ada dua macam yaitu:

Main Memory yang biasa disebut memory internal terdiri dari 2 bagian :

  1. RAM ( Random Acces Memory ) yaitu memory yang data-datanya bisa dirubah, diacak, diambil atau dihapus. Dalam memory kita mengenal istilah “Bus Speed” atau kecepatan transfer data/program oleh memory spt; PC 100, PC 133, PC 2700, PC 3200 dll. Semakin besar nilai bus speed semakin besar pula kecepatan transfer memory tersebut. Satuan daya tampung memory dinyatakan dengan Byte. Satu byte artinya satu kotak media penyimpanan sementara dari data yang akan segera diproses. Satu kotak byte dapat menampung 4 – 32 bit (binary digital) yaitu jumlah digit biner ( 0 atau 1) atau objek yang akan diproses. Kita juga mengenal tipe-tipe memory yaitu DDRAM, SDRAM dll. Khusus DDRAM kini telah tesedia di pasaran yaitu DDR II yang lebih bagus.
  2. ROM (Read Only Memory) sudah dijelaskan sebelumnya
Memory Sekunder (Eksternal Memory)
Yaitu semua memory tambahandalam Komputer yang untuk kepentingan pengolahan data atau program mis pada Hard Disk, Floppy Disk, CD ROM dll.

Jenis-Jenis Memory Primer (Main Memory) RAM

1. SDRAM
Memory SDRAM (Syncrhonous Dynanic Random Acces Memory) merupakan jenis memory yang banyak dipakai sekitar tahun 1996. Awalnya berkecepatan 66 MHz dan berpasangan dengan Pentium MMX, Pentium I, II, III. Kecepatan terakhir pada level 133 MHz sampai popularitasnya turun dan tidak diproduksi lagi.
SDRAM
SDRAM
2. DDR
Sering juga disebut DDR1 (Double Data Rate) sebagai pelanjut generasi pengembangan SDRAM. DDR SDRAM memiliki frekuensi antara 400-500 MHz dengan tegangan sebesar 2,5 volt. Ketentuan umum memory adalah semakin tinggi frekuensinya semakin cepat transfer datanya. Sementara penggunaan tegangan rendah menjamin umur memory akan lebih lama.
DDR
DDR
3. DDR 2
DDR 2 adalah generasi pelanjut DDR 1 dengan kinerja yang lebih ditingkatkan. Keuntungan utama menggunakan DDR 2 SDRAM adalah kemampuannya mengoperasikan data bus eksternal dua kali lebih cepat daripada SDRAM. Hal ini memungkinkan dengan cara meningkatkan bus signalling dan operasi sel-sel memory setengah clock rate( seperempat data transfer rate).
DDR2
DDR 2
4. DDR 3
DDR 3 masih kelanjutan dari DDR 2 dengan kecepatan dan daya kerja yang semakin ditingkatkan. Keunggulan utamanya adalah pada kemampuan transfer data I/O sebanyak 8 kali data rate sel-sel memory yang membuatnya lebih cepat. Standar kecepatannya dipatok pada standar 512 MB sampai 8 GB. Luar biasa kecepatannya!
DDR3
DDR 3
5. SODIMM
SODIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module) adalah jenis DDR yang dibuat untuk tujuan spesifikasi khusus dan paling banyak dipakai pada notebook dan laptop. Fungsinya sama dengan memory biasa tetapi bentuknya yang lebih kecil membuatnya mudah dikenali. Frekuensi dan kecepatannya juga bervariasi sebagaimana layaknya DDR RAM yang lain.
SODIMM
SODIMM
6. DIMM
DIMM (Dual In-line Memory Module) adalah jenis memory yang banyak digunakan terutama pada PC Server. Memory ini bekerja pada lebar jalur data 32 dan 64 byte. Sesuai dengan namanya, module maka pemasangan memory ini biasanya bersusun dengan membentuk sudut tertentu dan bentuknya lebih kecil.
DIMM
DIMM
7. ECC Memory ECC (Error Correction Codes)
adalah metode penggunaan memory untuk melakukan koreksi kesalahan pada proses penyimpanan dan atau transmisi data. Jadi sebenarnya fungsi utama dari memory ini semata-mata untuk koreksi kesalahan proses seperti disebutkan diatas.
EEC Memory
ECC Memory

Jenis-Jenis Memory Primer ROM

1. EPROM
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah jenis memory Read Only Memory) adalah jenis chip ROM yang dapat menyimpan data selama 10-20 tahun. Jenis memory ini terdiri deretan baris dan kolom yang memiliki persilangan yang disebut cell yang mempunyai transistor control gate.
EPROM
EPROM
2. EEPROM
EEPROM EPROM (Electrical Erasable Programmable Read Only Memory) adalah jenis memory Read Only Memory adalah jenis ROM yang dapat ditulis lebih dari sekali. Data yang disimpan sebenarnya bersifat permanen setidaknya sampai user mengganti data-data tersebut. Itulah perbedaannya dengan EPROM.
EEPROM
EEPROM

TIPS MEMBELI MEMORY
Adapun untuk tips membeli memory pc adalah sebagai berikut:

  1. Pilih yang kecepatannya sesuai kebutuhan anda dan jenis kapasitasnya memadai sesuai dengan spesifikasi mainboard.
  2. Pastkan bahwa memory yang anda beli masih baik, segel pabrik dan garansi pabrik bukan garansi toko
  3. Pastikan adanya pelayanan purna jual di tempat anda membelinya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

makasih gan, ane lagi ada tugas nih soalnya

Balas