Teknik Membangun Konten Blog

2/04/2017

Membangun Konten Blog dengan Tema Tertentu. Blog dengan tema tertentu adalah blog yang membahas secara fokus suatu topik/tema tertentu. Misanya blog tutorial komputer, blog yang membahas tentang website, blog tutorial yang membahas tentang sosial media, blog kesehatan dan lain sebagainya.

Teknik Membangun Konten Blog

Keunggulan blog dengan tema tertentu adalah relatif mudah membangunnya. Karena kita bisa melakukan perancangan konten terlebih dahulu. Dan juga relatif mudah untuk melakukan promosi blog. Jika tema blog kita tentang komputer, maka kita bisa mempromosikan blog pada grup facebook atau grup yang mempunyai tema yang sama dengan blog kita.

Menentukan Tema Blog

Langkah pertama membangun konten blog adalah menentukan tema blog. Pilihlah tema/topik blog yang sesuai dengan hobi atau hal yang anda sukai.

Agar kegiatan menulis blog menyenangkan, pertam anda pelu menyukai dulu tema yang akan anda tulis. Atau pilihlah topik/tema blog yang bisa memberi nilai tambah di kehidupan nyata. Misalnya tema blog yang berhubungan dengan profesi anda.
Contoh: blog dokter mengenai tips kesehatan, blog traveler mengenai alam, dan sebagainya.

Merencanakan konten

Merencanakan konten adalah hal penting untuk kesuksesan sebuah blog. Gagal merencakan konten, berarti gagal dalam membuat blog. Seorang jendral ahli perang bernama Sun Tzu pernah membuat kutipan yang artinya kurang lebih seperti ini “Setiap peperangan dimenangkan atau kalah sebelum bertempur”. Ini menggambarkan betapa pentingnya sebuah perencanaan.

Artikel lain:

Merencanakan konten blog adalah merencanakan postingan apa saja yang akan kita buat. Untuk memudahkan, kita bisa membuat kategori postingan berdasarkan tema yang kita pilih.

Sebagai contoh perancangan blog yang rulnovekom tulis. Blog yang akan dibuat mempunyai tema “panduan belajar komputer”. Dan berikut adalah rencana kategori dan daftar postingan yang akan dibuat:

Belajar sistem operasi
  • Pengertian dan fungsi sistem opersi
  • Cara menginstal sistem operasi
  • Hal yang harus dilakukan setelah instalasi sistem operasi

Belajar jaringan
  • Pengertian dan fungsi jaringan komputer
  • Konfigurasi sistem jaringan komputer
  • Sususan kabel jaringan komputer
  • Keamanan jaringan komputer

Belajar hardware
  • Komponen-komponen hardware komputer
  • Komponen hardware eksternal
  • Cara merakit komponen hardware komputer

Membangun konten sebelum posting

Membangun konten sebelum posting maksudnya adalah memiliki kupulan artikel terlebih dahulu sebelum dipublikasikan di blog. Rencana konten yang telah kita buat memudahkan dalam membuat artikel. Simpanlah terlebih dahulu artikel-artikel postingan pada file MS Word. Setelah selesai membuat konten artikel, postinglah pada blog. Bisa dengan copy artikel yang ada di MS Word ke dalam post editor blog. Atau anda juga bisa memanfaatkan fitus schedule post agar postingan tertampil di blog sesuai jadwal yang dibuat.

Membangun konten secara berkelanjutan

Membangun konten secara berkelanjutan adalah melakukan update blog secara terus menerus. Sehingga pengunjung akan mendapatkan informasi terbaru melalu blog yang kita buat.

Blog yang terus update juga akan meningkatkan pengunjung blog. Karena konten blog semakin bertambah. Semakin banyak konten blog, maka semakin banyak pula konten yang terindeks oleh mesin pencarian. Sehingga peluang datangnya pengunjung dari mesein pencarian semakin besar.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar

Makasih sudah mau berkunjung ^_^

Balas