Kemampuan yang dimiliki Oleh Google Search

3/04/2017
Siapa yang tidak tahu dengan Google? Pasti semua orang di Indonesia dan bahkan seluruh Dunia ini tahu apa itu Google. Yapps, karena jika kita terhubung ke internet tidak akan pernah lepas dari yang namanya Google. Dengan menggunakan Google kita dapat mencari sebuah artikel dengan haya mengetikan sebuah kata atau kalimat. Padahal, kalau kita tahu cara yang efektif untuk mencari sesuatu, akan langsung menemukan apa yang kita cari.

Kelebihan Google Search

Google, dengan tampilannya yang sederhana ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa. Lalu apa saja kemampuan luar biasa yang dimiliki Google? yukk baca sampai habis artikel berikut ini.

Kemampuan Google
  • Google bisa digunakan sebagai kalkulator
Petunjuk penggunaan kalkulator, bisa baca disini. Sebagai contoh kita akan menghitung  150^0.5*pi.


mengguanakan google sebagai kalkulator
  • Mencari konstanta
Bagi yang masih sekolah, tentu kelebihan dari Google yang satu ini pasti bermanfaat. Kita bisa mencari nilai sebuah konstanta di Google, misalnya: pi, e, h, G.

mencari konstanta di google
  • Mengonversi satuan
Pasti kita sering mendengar satuan mil. Sebenarnya 1 mil itu berapa meter? Dengan menggunakan Google untuk mengonversi nya, kita mampu mendapatkan jawaban.

mengkonversi satuan di google
  • Mengonversi mata uang
Selain mengonversi satuan, Google juga dapat mengonversi mata uang, misalnya dari dollar ke rupiah. Namun sebelum menggunakan fitur ini, kita harus tahu kode mata uang satuan negara.

mengkonvesi mata uang di google
  • Mencari definisi
Jika kalian mempunyai tugas untuk mencari definisi kata/istilah asing, Google dapat mencarikan definisi kata yang kita cari.

mencari definisi di google
  • Mencari tipe file tertentu
Ini yang paling penting, terutama bagi yang sering mencari sebuah artikel untuk pembelajaran. Kita bisa langsung mencari sebuah artikel dengan format file yang di inginkan, misalnya: word atau pdf, sehingga kita tidak perlu lagi Copy - Paste pada halaman web.

Format pencariannya "kata filetype:extensi file" Contoh: "belajar komputer filetype:pdf". Goole akan langsung mencari semua artikel yang mengandung kata Belajar komputer dengan format file pdf.

Mencari tipe file tertentu di google

Berikut file type yang bisa kita cari di Google.

Adobe Portable Document Format (pdf)
Adobe PostScript (ps)
Lotus WordPro (lwp)
Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
MacWrite (mw)
Microsoft Exsel (xls)
Microsoft Word (doc)
Microsoft PowerPoint (ppt)
Microsoft Work (wks, wps, wdb)
Microsoft Write (wri)
Rich Text Format (rtf)
ShockWave Flash (swf)
Text (ans, txt)
  • Membuat grafik persamaan
Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat grafik persamaan yang rumit dengan cepat, haya tinggal memasukan fungsi kedalam kotak penulusuran. Misalnya, saya akan membuat grafik persamaan COS (20*x)+sin(x), cos(7*x)+sin(x).

membuat grafik persamaan di google
  • Menejermahkan bahasa
Mungkin fitur ini sudah tidak asing bagi yang sering mencari terjemahan kata dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya dari bahasa Indonesia ke Inggris. Selain mampu menerjemahkan sebuah kalimat, Google juga mampu menerjemahkan sebuah web/blog ke berbagai bahasa. Misalnya, jika Anda ingin membaca blog www.rulnovekom.com dalam bahasa Inggris, masukan saja urlnya di kotak Translate a Web Page. Pilih bahasa sumber dan bahasa yang akan diterjemahkan. Kalau bahasanya baku, Google mampu menerjemahkan lebih baik. Berhubung blog saya acak-acakan dalam penulisan artikel jadi jangan heran kalau setelah diterjemahkan malah berantakan hehe.

terjemahan situs website
  • Konversi warna
Anda dapat menggunakan Google untuk memilih warna atau mengonversi satu kode warna ke kode warna lainya. Misalnya, kita mengonversi warna Heksa menjadi RGB.

mengkonversi warna di google
  • Mencari buku
Bagi kalian yang gemar membaca dan ingin mencari buku yang tidak Anda temukan di toko buku, bisa kalian cari di Google book. Misalnya, kalian ingin mencari buku terbitan Jasakom, tinggal masukan saja kata kuncinya dan Enter. Secara otomatis Google akan menampilkan buku-buku yang diterbitkan oleh Jasakom.

Mencari buku di google

Sudah saatnya kita memanfaatkan mesin pencarian ini, jangan haya digunakan untuk mencari hal-hal yang negatif. Google sudah memberikan fitur menarik dan bermanfaat tentunya buat kita, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Mungkin sekian artikel mengenai kemampuan luar biasa yang dimiliki Google, jangan lupa di Share ya biar orang lain juga bisa mengetahuinya dan jika kalian ingin menambahkan artikel ini silakan berkomentar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar

Mantep gan infonya...

Balas

Makasih gan :D

Balas