Inilah Jenis-Jenis Versi Windows 7 Dan Perbedaannya

4/03/2017
Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009, dirilis 3 tahun setelah Windows Vista. Pada mulanya, versi Windows ini sebelumnya dikenal sebutan Blackcomb yang dirancang sebagai pengganti Windows XP dan Windows Server 2003, namun rilis sementara diberi kode Longhorn atau windows vista yang di umumkan tahun 2003, menunda pengembangan Blackcomb.

Inilah Jenis-Jenis Versi Windows 7 Dan Perbedaannya

Pada pertengahan 2003, Longhorn menemukan kelemahan system operasi Windows dengan cepat, lalu Microsoft mengganti prioritas pengembangan. Blackcomb di ubah namanya di Wina pada awal 2006 dan menjadi Windows 7 di tahun 2007, dan Windows 7 ini rilisan terbaru dari Microsoft Windows. Baca juga : Cara Mengetahui Jenis Kelamin Komputer Kamu (Pria atau Wanita)

Macam - Macam Versi Windows 7

Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah :

Windows 7 Starter
Versi paling minim fitur, antaralain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya aka nada dalam sebuah paket dalam system komputer.

Windows 7 Home Basic
Memasukan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikatagorikan belum maju.

Windows 7 Home Premium
Ditunjukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP Mode juga tidak ada.

Windows 7 Professional
Ditunjukan untuk bisnis kecil dan pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun ditambahkan remote desktop, windows XP Mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server.

Windows 7 Enterprise
Ditunjukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengkskripsi hardisk.

Windows 7 Ultimate
Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditunjukan untuk pengguna rumahan. Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium dan Professional, dari kedua versi ini, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi windows 7 ultimate.

Adapun kelebihan yang dimiliki Windows 7 ultimate adalah sebagai berikut :
  1. Booting lebih cepat.
  2. Irit konsumsi daya.
  3. Optimasi dalam prefetching.
  4. Adanya aplikasi Device Storage.
  5. Dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray.
  6. Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh ).
  7. System pencarian data yang lebih cepat.
  8. Tampilan dan aplikasi lebih menarik ( Snap, Home Group, Jump List, Windows Media Center, Windows Live Essentials, Web Slices, Parental Control ).
  9. Konsumsi daya CPU, Harddisk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit.
  10. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD.
Nah itu dia versi-versi dari windows 7, Jadi pilih yang mana ?
Dari semua perbedaan semua versi edisi windows 7, sobat bisa menyesuaikan sistem operasi yang cocok dengan sobat. Saya sarankan sobat beli original saja, jangan yang bajakan karena sering memiliki banyak error dan tidak optimal. Jika spesifikasi sobat kecil, sobat bisa memakai Windows 7 Starter yang ringan.

Kesimpulannya, dari semua jenis jenis windows 7 dengan perbedaannya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi silahkan pilih yang cocok dengan sobat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

1 komentar

Wah akhirnya paham juga masing-masing dari versi windows. Saya udah tau nama-nama versinya cuma belum tau kelebihan dan kekurangannya. Mantap min! Singkat, padat dan jelas .

Balas