9 Apr 2017

Keamanan Sistem Komputer

Keamanan Sistem Komputer

keamanan Komputer tentulah menjadi dambaan setiap pemilik atau pemakai komputer. Namun oleh karena hal-hal tertentu komputer menjadi tidak aman. Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul sehubungan dengan keamanan komputer.
  1. Apa yang dimaksud keamanan komputer?
  2. Apa yang harus diamankan?
  3. Siapa saja yang patut diwaspadai terhadap keamanan komputer?
  4. Bagaiman kita mengamankan komputer?
Pertnyaan-pertanyaan ini adalah patut untuk kita jawab jika kita sebagai pengguna jaringan komputer apalagi pengguna internet aktif. Dalam era informasi sekarang dimana komunikasi/tukar menukar data antar komputer dalam satu jaringan maupun antar jaringan melalui internet, masalah keamanan komputer masih saja sering tidak terurus yang berbuntut pada bencana hancurnya data-data penting.

Persoalan keamanan ini muncul tidak saja karena kelalaian user komputer tetapi lebih sering disebabkan karena ketidaktahuan user akan bahaya keamanan, darimana datangnya bahaya tersebut dan yang paling parah adalah tidak tahu harus berbuat apa. Kalau sudah begini maka dapat dipastikan yang terjadi adalah penyesalan dan umpatan ketika komputer tidak bisa lagi dioperasikan dan datapun raib.

Satu yang pasti bahwa dijaman serba modern ini tidak ada jaminan keamanan komputer 100%, Mengapa? karena keamanan komputer hanyalah sederetan angka-angka algoritma yang dipadukan dan membentuk bahasa mesin komputer, bahasa mesin buatan manusia maka dapat dipastikan bahwa manusia lain dapat melakukan perintah terhadap bahasa mesin tersebut. Sepanjang manusia masih mau belajar komputer maka selama itu pula ancaman keamanan mengalami peningkatan kuantitas maupun kualitasnya. Namun satu nilai positif bahwa ancaman keamanan komputer ini akan terus memacu manusia untuk belajar lebih baik tentang komputer. Terdapat banyak sistem keamanan komputer namun sebenarnya secara garis besar hanya terdiri dari 3 bagian yaitu:
  1. Keamanan eksternal yang berkaitan dengan keamanan dari luar yang dapat membahayakan komputer misalnya pihak yang tidak berhak, bencana sistem dari luar, dan bencana karena keadaan alam.
  2. Keamanan interface user, yang berkaitan dengan komputer yang dipakai secara bersama/bergantian dan atau komputer yang dipinjamkan kepada orang lain.
  3. Keamanan internal komputer yang berkaitan dengan pengamanan perangkat keras maupun perangkat lunak sehingga bisa menjamin komputer tetap sehat, program tetap fresh dan data tersimpan secara aman.
KEAMANAN PERANGKAT KERAS
Untuk keamanan perangkat keras, perhatikan hal-hal berikut :
  1. Jangan meminjamkan komputer anda pada sembarang orang.
  2. Kalaupun terpaksa harus dipinjamkan maka harus disertai dengan 1001 pesan
  3. Lakukan semua langkah-langkah pada BAB II (A) perawatan perangkat keras komputer.
KEAMANAN PERANGKAT LUNAK
Keamanan perangkat lunak dapat dilakukan dengan tindakan atau pengaturan-pengaturan tertentu. Akan tetapi pertanyaan yang muncul adalah Mana pengaturan yang perlu dan mana yang tidak? Kalau menggunakan suatu Program tertentu program yang mana? Masalahnya, adalah semakin aman suatu sistem pastilah tingkat kenyamanannya semakin berkurang. Mengapa demikian? Jika Anda ingin meningkatkan keamanan dengan memasang firewall, sudah barang tentu, sistem lebih aman berkat si tembok api tersebut. Tapi kenyamanan pasti berkurang gara-gara peringatan-peringatan yang sering muncul, juga sistem yang semakin berat karena terlalu banyak melakukan proses penyaringan. Itulah sebabnya orang berpikir 1024 kali sebelum menginstal firewall.

Tapi, bukan berarti keamanan tidak penting. Keamanan tetap saja penting. Hanya saja tingkatannya berbeda-beda untuk setiap penggunaan komputer. Pertanyaannya sekarang, sejauh mana keamanan yang Anda butuhkan? Kalau komputer hanya sebatas digunakan dirumah oleh anda saja tentu Anda tidak perlu repot-repot beralih ke sistem operasi lain hanya untuk memperoleh keamanan. Cukup optimalkan saja pengaturan keamanan di komputer atau laptop Anda dan sesuaikan dengan kondisi yang Anda hadapi.

Sebelum kita membahas mengenai keamanan komputer lebih jauh, berikut ini adalah berbagai pilihan untuk mengamankan maupun mengoptimalkan system operasi Windows. Keseluruhan setting yang ada tidak merupakan keharusan untuk anda lakukan karena suatu setting pasti mempunyai konsekuensi tersendiri walaupun kemungkinannya sangat kecil. Saran kami sebelum mencoba segala sesuatunya, lakukan hal berikut :

  1. Buatlah terlebih dahulu system restore agar jika terjadi kesalahan system dapat kita kembalikan ke posisi semula.
  2. Lakukan juga backup untuk Registry Editor buat jaga-jaga.
  3. Bacalah dengan seksama tentang maksud dan cara melakukan setiap setting yang akan anda lakukan Untuk menjaga kestabilan system komputer anda dari orang lain atau kelalaian anda sendiri.
Berikut ini beberapa tips yang dapat ada terapkan

1. Mengapa Manusia Perlu Diwaspadai

Keamanan Sistem Komputer
Dari sekian macam ancaman terhadap komputer, ancaman mana yang paling berbahaya? Manusia yang menciptakan dan manusia juga yang menghancurkan. Jadi sebenarnya ancaman terhadap komputer yang datangnya dari manusia 99% lebih berbahaya dari ancaman lain misalnya dari alam. Artinya penyusupan pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang paling membahayakan komputer. Mengapa seseorang senang menyusup kedalam komputer orang lain ?
  1. Karena tertarik dengan hal-hal pribadi korban. Banyak cara yang bisa dilakukan penyusup untuk mengetahui data pribadi orang lain. Menyusup dan mengakses data-data penting dalam komputer korban misalnya pekerjaan, keluarga, kesenangan dan kalau memungkinkan nomor rekening bank. Cara yang lain yaitu dengan mencegat email korban lalu membacanya dan bisa jadi mengubah isinya sebelum dikirim ke tujuan.
  2. Karena ingin menunjukkan eksistensi dirinya. Alasan lain untuk menyusup dalam komputer korban adalah karena adanya keinginan untuk mendapat pengakuan bahwa saya bisa melakukannya. Bisa jadi awalnya hanya iseng saja namun keterusan untuk menunjukkan eksistensi dirinya.
  3. Kenginginan mendapat uang dengan cara mudah dan canggih walaupun tidak benar. Alasan paling masuk akal dari sebuah penyusupan ke dalam komputer korban adalah untuk mendapat uang dengan cara mudah. Dengan sistem pelayanan bank yang serba online maka sangat memungkinkan adanya „perampokan‟ secara tersembunyi atau terang-terangan terhadap lembaga keuangan.
  4. Mata-mata rahasia.Alasan persaingan dalam bidang apa saja dapat menyebabkan seseorang memata-matai pihak lain entah oleh dirinya sendiri maupun oleh pihak lain yang bisa disewa. Kita tentu tidak bisa melupakan begitu saaja jaringan matamata terutama bidang militer oleh Amerika dan Israel. Persaingan bisnis bisa juga jadi pemicu untuk menghancurkan pihak lawan yang pada akhirnya sasaran utama adalah sistem komputer. Selain alasan di atas tentunya masih banyak alasan-alasan lain yang tergantung kepada pihak yang melakukan.
Update Artikel Bagian Dua : Bagian II - Keamanan Sistem Komputer
Disqus Comments