28 Mei 2017

Cara Penyebaran Virus Pada Komputer dan Cara Mengatasinya

Cara Penyebaran Virus Komputer - Virus layaknya virus biologi harus memiliki media untuk dapat menyebar, virus komputer dapat menyebar ke berbagai komputer/mesin lainnya juga melalui berbagai media, diantaranya:

Cara Penyebaran Virus Pada Komputer dan Cara Mengatasinya

1. Disket, Flash Disk, media storage R/W

Media penyimpanan eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebarannya. Media yang bias melakukan operasi R/W (Read dan Write) sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebaran.

2. Jaringan Lokal (LAN)

Hubungan antara beberapa komputer secara langsung sangat memungkinkan virus ikut berpindah saat terjadi pertukaran/pengeksekusian file yang mengandung virus. Cobalah cek terlebih dahulu komputer lainnya jika ingin membuat jaringan local jangan sampai komputer lain terdapat virus, untuk mengetahui komputer terinfeksi virus atau tidak bisa baca artikel ciri - ciri komputer terinfeksi virus.

3. Internet

Sangat mungkin suatu situs sengaja ditanamkan suatu “virus” yang akan menginfeksi komputer - komputer yang mengaksesnya. untuk itu berhati - hatilah jika kita membuka situs yang mungkin tidak kita kenal. untuk mencegah ini kita bisa melakukan beberapa cara pada artikel berikut disini.

4. Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan

Banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan dalam suatu program yang disebarluaskan baik secara gratis, atau trial version. Nah, untuk itu kita harus lebih berhati - hati dalam mendownload software gratisan untuk digunakan pada komputer kita.

5. Attachment pada email, transfering file

Hampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi, file - file ini sengaja dibuat mencolok/menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya.
Disqus Comments