Gejala Umum Serangan Virus Pada Komputer

5/28/2017
Gejala Umum Serangan Virus Pada Komputer - Firasat tentang adanya virus dalam komputer mulai dirasakan ketika virus tersebut mulai bekerja aktif. Berikut ini beberapa gejala umum yang sering ditemui ketika virus sudah menyerang komputer:

Gejala Umum Serangan Virus Pada Komputer

1. Komputer menjadi sangat lambat

komputer-lemot

Ini bisa dipastikan jika sebelumnya kita tidak mengistall aplikasi apapun tetapi sistem tiba-tiba menjadi sangat lambat. Dengan adanya kejadian ini tanpa sebab yang anda ketahui maka sebaiknya anda mulai berjaga-jaga. Kejadian lain dalam hal ini adalah jika mengakses jaringan lokal dan komputer jadi sangat lambat.

2. Komputer sering hang

komputer-hang

Ketika anda berada di desktop saja komputer menjadi sering hang maka itu juga adalah gejala awal yang harus anda waspadai. Namun ada pengecualian jika anda baru mengistall suatu program lalu komputer hang maka ada kemungkinan lain yaitu konfik antar program.

3. Muncul kedipan-kedipan aneh pada layar desktop

Artinya ketika anda berada di desktop atau pada sebuah program aplikasi dan tiba-tiba blank/gelap sejenak lalu muncul lagi dai ini berulangulang terjadi, maka mulailah waspada. Ini adalah gejala virus.

4. Komputer restart sendiri

Pada pembahasan sebelumnya (kerusakan hardware) penyebab lain komputer restart sendiri adalah power suply tidak stabil. Tetapi jika anda yakin power suply anda baik dan komputer sering restart sendiri maka ini juga adalah gejala umum virus.

5. Beberapa folder/file tiba-tiba berubah ukurannya

Jika anda mempunyai folder yang berisi banyak gambar dan ukurannya tiba-tiba menjadi 78 KB, maka folder tersebut pasti sudah terinfeksi. Logikanya jika anda menyimpan banyak gambar dalam folder tersebut maka satu file gambar saja pasti sudah melebihi 78 Kb apalagi jika banyak gambar.

6. Beberapa file/folder menghilang

Ini sangat umum terjadi kalau buka berubah ukurannya maka kejadian lain adalah menghilang dari peredaran. Kejadian inilah yang membuat user awam paling panik ketika hendak bekerja dan file pekerjaannya sudah hilang. Namun sebenar-benarnya file pekerjaan tersebut tidak hilang hanya disembunyikan oleh virus.

7. Muncul file-file baru yang asing namanya

Secara tiba-tiba ketika membuka komputer sudah ada file yang sebelumnya tidak pernah ada/dibuat. Formatnya bisa execute, atau text. Ekstensinya juga umum misalnya; .exe, .doc, .dll, .scr dan lain-lain. Namun harap diperhatikan bahwa file asing ini jumlahnya banyak dan ukurannya sama semua.

8. Muncul pesan asing

Jika tiba-tiba muncul pesan asing misalnya “Dunia akan hancur” dan semua pesan yang sifatnya tidak karuan dan tidak pernah ada buat, maka itu berarti ada virus dalam komputer. Namun harap diperhatikan bahwa biasa juga muncul pesan yang ada kaitannya dengan program aplikasi dalam komputer, misalnya permintaan update office maka yang ini bukan virus.

9. Timbul peristiwa aneh

Jika tiba-tiba ketika membuka sebuah fasilitas komputer misalnya membuka regedi, msconfig, command dan komputer malah hang dan restart maka waspadalah itu gejala virus.

10. Setting sistem operasi berubah

Secara default maka misalnya Folder Option akan berada pada Control Panel dan berada dalam sub menu Tools. Seringkali virus menghilangkan fasilitas ini, misalnya pada serangan Brontok beberapa tahun lalu.

11. Anti Virus tiba-tiba tidak bisa lagi jalan atau menjadi sangat lambat

Harap dicatat bahwa selain menyerang pekerjaan dan sistem komputer virus juga paling senang menginfeksi anti virus sehingga anti virus yang sudah kalah perang melawan virus malah akan menjadi virus juga. untuk lebih jelas bisa baca artikel berikut ini mengenai antivirus palsu disini.

12. Beberapa tools windows tidak berfungsi

Beberapa shortcut misalnya [CTRL+ALT+DEL]. [windows+R] menjadi tidak berfungsi ataupun berfungsi tetapi hanya terbuka sebentar dan kemudian mati lagi.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar