28 Mei 2017

Pengertian Virus Trojan Horse

Pengertian Virus Trojan Horse - Selain virus dalam artian seperti disebut pada artikel sebelumnya disini, kita juga mengenal program yang disebut Trojan Horse (Kuda Troya). Trojan Horse sebenamya bukanlah virus dalam arti yang sesungguhnya karena program ini tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan diri ke program lain. Namun demikian program ini tidak kalah berbahaya dibanding virus komputer.

Pengertian Virus Trojan Horse

Trojan Horse umumnya dikemas dalam bentuk sebuah program yang menarik. Namun di balik daya tarik software tersebut tersembunyi fungsi lain untuk melakukan perusakan. Pengguna komputer yang mendapatkan file ini umumnya terpancing untuk menjalankannya. Akibatnya tentu fatal, karena dengan demikian si pengguna telah menjalankan rutin-rutin perusak yang siap menebar bencana.

APA ITU TROJAN ?

  1. Trojan merupakan tool yang dapat digunakan untuk memonitor mesin lain. Trojan dapat dikatakan sebagai kamera tersembunyi yang ditempatkan di komputer target.
  2. Trojan bukanlah hacking tools, hanya pelengkap untuk langkah hacking.
  3. Begitu Anda dapat masuk ke sistem target, Anda dapat memasukkan trojan ini untuk kelanjutan monitoring, kontrol dan mencuri password di mesin target.
Perlu Anda ketahui bahwa FBI ingin mengimplementasikan Carnivore yang berguna untuk mengetahui informasi email orang yang ditargetkan. Begitu juga dengan trojan, Anda dapat menggunakannya untuk memonitor target, apakah teman ataupun bos. Tujuan setiap orang memakai trojan tentu berbeda-beda.

SEJARAH TROJAN

Istilah Trojan Horse berasal dari Yunani di mana diceritakan para pejuang bersembunyi di dalam kuda troja yang terbuat dari kayu yang sangat besar. Mereka kemudian keluar dari kuda kayu tersebut setelah dikira pergi dari daerah itu. Begitu keluar dari kuda, pejuang-pejuang itu kemudian menyerang target-target yang ditentukan. Para pejuang itu memberikan jalan kepada para pejuang lain yang akan datang menyerang. Trojan termasuk jenis malware, yaitu automated-program atau program yang dapat hidup sendiri. Trojan juga dianggap destruktif, hanya saja tidak seperti virus yang menyebarkan diri sendiri. Namun demikian trojan akan terdeteksi sebagai virus.

CARA KERJA

Cara kerja trojan sebenamya cukup mudah, hampir sama dengan aplikasi Client/Server. Diperlukan program di server yang listen ke port tertentu dan kemudian Anda dapat menggunakan client application untuk connect ke port tersebut. Program server ini yang akan ditempatkan di mesin target. Jika program ini telah aktif maka ia akan tersembunyi di dalam memori dan mengubah beberapa setting di mesin target. Untuk menjalankan program server ini ada beberapa cara, melalui autoexec.bat, win.ini, ataupun file sejenis yang dijalankan pada saat mesin target di-start. Yang paling umum adalah dengan menempatkannya di registry, khususnya di Windows, yang akan terlihat seperti:
"HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run"Server"="C:\\WINDOWS\\server.exe"
Program tersebut tidak akan terlihat oleh user. Program ini dapat mengambil password, setting mail, IP, dan port number. Dengan adanya program server (trojan) yang telah aktif di komputer target, Anda dapat melakukan koneksi menggunakan program remote (client). Tentu saja Anda dapat melakukan banyak hal, tergantung fasilitas yang ada di dalam trojan tersebut. Sumber trojan dapat didownload pada :

  • http://www.sinred.com
  • http://www.tlsecuntv.coin
  • http://www.v3knetwork.org
  • http://bionet.tlsecuritv.com
  • http://www.infemoindustries.cjb.net
  • http://www.sub7.slak.org
  • http://www.cultdeadcow.com
Disqus Comments