Cara Membuat website Di Local Host Menggunakan Wordpress - Belajar Website

Share:
Saat ini tersedia banyak layanan gratis untuk sebuah web log seperti wordpress, dan blogspot. Tapi pada pembahasan kali ini, saya ingin membahas bagaimana membangun web log dengan menggunakan wordpress pada server sendiri atau localhost. WordPress menyediakan kode sumber yang dapat di-download secara gratis.


Mengapa pada server sendiri atau localhost? Jawabannya karena akses secara penuh pada web log memungkinkan kita untuk berkreasi secara maksimal. Ini berguna bagi kita yang ingin belajar membangun web log dengan maksimal sebelum mendaftar ke wordpress.com itu sendiri.

Instalasi wordpress

Sebelum menginstal wordpress pada localhost, beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu software wordpress yang dapat di download di http://wordpress.org/download/, database web log dan juga XAMPP. Agar kita bisa menginstall wordpress pada localhost, kita harus instal XAMPP terlebih dahulu yang sudah dijelaskan cara penginstalanya di Cara Intalasi XAMPP di Windows.


Cara untuk menginstal wordpress yang pertama yaitu kita buat dulu database web log nya dengan cara:

1. Buka XAMPP, caranya klik Start > All Programs > XAMPP > XAMPP Control Panel.
2. Aktifkan service “Apache” dan “MySQL”, caranya tinggal klik Start. Maka tampilanya akan seperti ini.


3. Buka browser kalian lalu ketikan localhost pada browser. Maka akan tampil laman seperti berikut.


4. Kemudian klik phpMyAdmin. Maka akan tampak laman berikut.


5. Selanjutnya kita buat database log web dengan cara klik New > isi kolom Database name (sebagai contoh saya isi dengan nama blog untuk nama database saya) > klik Create.


6. Pada tahap ini kita sudah berhasil membuat nama database log web yang akan kita gunakan. Maka hasilnya akan nampak seperti berikut.


7. Selanjutnya kita buat user untuk database blog dengan cara, klik Privileges kemudian klik Add user account. Setelah itu isi kolom User name dengan nama anda (contoh saya menggunakan user name rulnovekom), Host name isi dengan localhost, Password isi sesuai keinginan anda (sebagai contoh saya menggunakan password 123678), Generate password isi sesuai dengan password yang anda masukan tadi. Pada tulisan Global privileges centang Check all. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. Setelah semua selesai klik GO.


Pada tahap pembuatan database sudah selesai. Selanjutnya kita beralih ke tahap penginstalan wordpress.

Konfigurasi file wordpress

Pertama kita ekstrak file zip wordpress yang sudah kita download sebelumnya pada link diatas tadi. Kemudian pindahkan file hasil ekstrak tadi ke folder htdocs yang berada pada direktori XAMPP dengan cara.

1. Klik Start > Computer > Local Disk (C:) > xampp > htdocs. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

Congurasi website dilocalhost

2. Selanjutnya adalah mengganti nama file konfigurasi wp-config-sample.php yang berada di dalam folder wordpress menjadi wp-config.php dengan cara di-rename.


3. Kemudian edit file wp-config.php tadi dengan menggunakan aplikasi editor seperti Notepad atau Notepad++. Yang perlu di-edit adalah DB_NAME diganti sesuai dengan database yang kita buat tadi sebelumnya untuk wordpress tersebut. Ganti DB_USER dengan nama user database yang sudah kita buat tadi dan DB_PASSWORD sesuai dengan password user database. Kemudian save jika sudah diisi dengan sesuai. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.


4. Jika konfigurasi sudah selesai, selanjutnya buka browser kalian dan ketik localhost/wordpress.wp-admin/install.php. maka akan tampak laman seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya Isi judul situs anda, isi nama pengguna, password dan juga e-mail anda. Kemudian klik Instal WordPress.

Daftar Wordpress

5. Selanjutnya akan nampak laman seperti gambar dibawah berikut ini. Klik Log Masuk.

Login wordpress

6. Setelah itu akan ada laman dialog untuk user dan password untuk login ke blog. Isikan sesuai dengan User dan Password yang anda buat pada nomor 4 tadi.


7. Jika kalian berhasil masuk, maka tampil halaman administrator atau sebuah dashboard seperti gambar berikut.

Dashbor wordpress news

Sampai pada tahap ini instalasi wordpress sudah selesai, lalu bagaimana jika kita ingin mengakses situs yang dibuat tadi? Caranya tinggal ketik localhost/wordpress/ pada browser kalian untuk melihat tampilan blog wordpress yang telah dibuat tadi.


Membuat postingan untuk blog


Membuat artikel diwordpress

Untuk menambah sebuah postingan baru ke blog, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1. Klik pos > Tambah Baru.
2. Isi dengan judul tilisan.
3. Isi dengan tulisan yang kalian ingin upload ke blog.
4. Pilih salah-satu katagori dari tulisan atau dapat menambahkkan sebuah katagori baru.
5. Kalian juga bisa menambahkan Tag untuk postingan yang mau kalian upload.
6. Terbitkan – untuk menerbitkan atau menampilkan tulisan tersebut pada halaman blog.

Mengganti Themes

Mengganti tema diwordpress

Untuk mengganti theme halaman blog kalian, klik Tampilan – Tema kemudian klik salah-satu theme yang ada dan secara otomatis theme tersebut akan dijadikan default dari halaman blog.

Untuk menambahkan theme baru kedalam wordpress kalian bisa klik Tambah Tema Baru > Unggah Tema dengan cara meng-upload nya tapi pastikan theme yang kalian upload masih berbentuk file zip jangan diekstrak, atau juga kalian bisa salin theme ke folder wp-content/themes. sebagai contoh saya ingin mengganti theme dengan theme esteem.1.3.1 dengan cara menyalin theme tersebut ke folder wp-content/themes. Caranya yaitu.

1. Ekstrak theme yang kalian download. (Untuk info, kalian bisa men-download theme wordpress di situs-situs yang menyediakan theme untuk wordpress. Kalian bisa searching)
2. Folder hasil exktrakan tadi pindahkan ke C:\xampp\htdocs\wordpress\wp-content\themes.


3. Selanjutnya refresh browser kalian yang berada pada laman theme. Maka hasilnya akan nampak seperti gambar dibawah.

Upload tema wordpress

Widgets

Untuk mempercantik halaman blog, beberapa widget dapat ditampilkan pada halaman utama blog kalian seperti gambar berikut ini.

Edit halaman Widget Wordpress

Atau kalian juga bisa menambahkkan widget pada opsi Sesuaikan untuk sekalian mempercantik atau meng-edit theme yang kalian gunakan. Maka akan tampil laman seperti dibawah ini.

Halaman Utama Blog

Berikut halaman utama blog saya yang dibuat pada server localhost dan dapat diakses melalui url localhost/wordpress.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar