Apa Itu Sistem Operasi GNU/Linux?

8/13/2017
GNU dan Linux dalah satu kesatuan software yang saling terintegrasi membentuh sebuah sistem operasi yang cukup andal dan stabil. GNU/Linux merupakan sistem operasi multitasking sekaligus multiuser. Disebut multitasking karena GNU/Linux dapat mengatur pembagian penggunaan sumber daya CPU dari tugas-tugas yang sedang dieksekusi.

Apa Itu Sistem Operasi GNU/Linux?

Setiap tugas mendapatkan sumber daya perangkat keras yang sama. GNU/Linux harus dapat memproses setiap tugas dalam waktu yang sangat singakat. Beberapa tugas memiliki prioritas tertinggi sehingga diperlukan juga prioritas pemakaian sumber daya CPU ke tugas tersebut.

Salah satu keunggulan dari sistem operasi multitasking adalah kemampuan dari sistem operasi tersebut untuk dapat menjalankan tugas-tugas atau program yang berbeda secara simultan.

Selanjutnya bagaimana sebuah komputer dapat disebut multiuser? Cukup sederhana, yaitu pengguna dapat menggunakan komputer sama pada waktu yang bersamaan dan tetap terjadi proses pemisahan informasi antara pengguna satu dan yang lainnya. Sistem operasi multiuser harus mampu mengakomodasikan koneksi lebih dari satu user ke sistem secara simultan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar