Cara Menyembunyikan Foto dan Video Di Android

1/12/2018
Mempunyai Foto dan Video rahasia memang sudah menjadi hal tertutup bagi setiap orang. Ya, kalau terbuka sama saja bukan rahasia. Misal saja kita mempunyai Foto berdua sama mantan pacar atau pacar baru di Galeri android kita, tapi tidak ingin orang lain tahu dan ingin merahasiakannya dari publik? Mungkin bagi pengguna Smartphone yang sering ngotak-ngatik Android hal ini sangatlah mudah, Tapi bagaimana jika ada orang lain yang belum tahu? Ada trik sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan foto dan video dari Galeri hp android.

Cara Menyembunyikan Foto dan Video Di Android
Ilustrasi

Seperti yang penulis sebutkan, Trik ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, tapi jika sobat belum pernah dengar silahkan boleh dilanjut bacanya.

Normalnya jika kita menyimpan file foto maupun video di android maka secara otomatis foto dan video tersebut akan muncul di Gallery bawaan berupa thumbnail (cover gambar berukuran kecil). Siapa saja yang membuka gallery akan melihatnya.

Nah, maka dari itu trik satu ini akan mencoba untuk menyembunyikan foto dan video rahasiamu dari galeri namun tidak untuk filenya. Maksudnya sobat hanya akan bisa melihat foto atau video nya langsung dari file manager.

Menyembunyikan Foto dan Video di Gallery

Trik ini sangat sederhana dan tanpa aplikasi pihak ke tiga, jangan sampe ada pihak ketiga soalnya berat hati ini menerimanya (curhat). Next balik lagi kepembahasan, Hal pertama sobat lakukan  hanya perlu membuat sebuah file dengan nama .nomedia kemudian disimpan kedalam folder foto atau video yang ingin disembunyikan dari galeri. Agar lebih Jelas, mari kita simak caranya dibawah sini :

1. Buatlah sebuah file kosong dengan ekstensi .nomedia memakai teks editor, atau langsung saja download disini.
Note: Jagan lupa rename file hasil download diatas, tambahkan tanda titik didepannya. Dari nomedia menjadi .nomedia
2. Simpan file tersebut kedalam folder foto atau video yang ingin dihidden atau disembunyikan dari gallery.

3. Sekarang coba buka gallery dan perhatikan. Foto dan video yang disimpan satu folder bersama file .nomedia tidak terlihat lagi.
Tips:
Jika file .nomedia tidak terbaca oleh perangkat, silahkan aktifkan "Tampilkan file yang tersembunyi" pada file manager android masing-masing.
Mudah bukan, hanya dengan sebuah file kosong dapat menyembunyikan foto dan video dari galeri Android. Dan untuk melihat atau mengaksesnya sendiri sobat harus menuju ke file manager dimana sobat menyimpan foto dan video tersebut. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar